perkembangan komputer dari dulu sampai sekarang

perkembangan komputer dari dulu sampai sekarang
January 12, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

Nama        :  Muhamad Rizki Jordan

NIM           :  14150094

Kelas         :  14 Tel 03

 

  1. Sejarah Perkembangan Komputer Dari Awal Sampai Sekarang

 

BAB 1

  • Pendahuluan

Saat ini komputer bukanlah sesuatu hal yang tabu bagi sebagian khalayak, karena saat ini komputer bahkan sudah menjadi kebutuhan primer apalagi bagi mereka yang berkecimpung di dunia pekerjaan. Karena komputer saat ini sudah bisa melakukan banyak hal sehingga dapat memudahkan pekerjaan manusia. Namun siapa sangka kalau ternyata komputer itu sendiri sudah melalui beberapa perubahan sehingga bisa secanggih seperti sekarang. Dan berikut adalah uraian dari perkembangan komputer.

 

  • Rumusan Masalah
  • Pengertian Komputer
  • Sejarah Perkembangan Komputer

 

 

BAB 2

2.1.  Pengertian Komputer

Komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti. Defnisi komputer tersebut menurut buku Introduction To Computers (Gordon B. Davis). Jika ditelusuri lebih jauh lagi, kita mungkin akan menemukan banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan komputer secara berbeda. Namun, secara umum kita bisa menyimpulkan bahwa komputer adalah suatu perangkat elektronik yang dapat :

  1. menerima input
  2. mengolah input
  3. memberikan informasi
  4. menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer
  5. dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
  6. serta bekerja secara otomatis.

Dari definisi tersebut terdapat tiga hal penting bagi sebuah komputer. Tiga hal penting ini mewakili keseluruhan fungsi komputer, yaitu;

  1. input data
  2. pengolahan data
  3. output data.

Untuk melakukan input data pada sebuah komputer, kita bisa menggunakan berbagai alat misalnya: mouse, keyboard, kamera digital, scanner dan lain-lain. Pada fungi pengolahan data, suatu komputer harus bisa melakukan proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berati. Informasi sendiri merupakan hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Jadi sebuah komputer harus bisa melakukan pengolahan data elektronik. Tentu proses pengolahan ini tergantung dari seberapa besar kemampuan software dan hardware yang dimiliki oleh sebuah komputer. Pada output data, kita mengenal berbagai alat yang dapat digunakan sebagai output data pada sebuah komputer. Contoh perangkat yang paling umum kita jumpai untuk output sebuah komputer adalah printer.

 

 

2.2. Sejarah Perkemngan Komputer

Sejarah komputer diawali dengan penemuan penting dari Charles Babbage berupa alat hitung. Berkat penemuannya itu, ia dikenal sebagai ilmuwan yang paling berpengaruh dalam perkembangan komputer. Kemudian, alat hitung tersebut dikembangkan lebih lanjut secara bertahap hingga kini terciptalah perangkat canggih bernama komputer. Tahapan dalam pengembangan komputer disebut generasi. Ada lima generasi komputer yang masing-masing memiliki cerita tersendiri.
Perkembangan sejarah komputer telah mengalami masa-masa sulit. Namun, berkat tangan-tangan andal dari para ilmuwan dan teknisi pada waktu itu, perkembangan dari generasi ke generasi terasa begitu mudah dan terorganisir. Komputer terus dikembangkan dengan menyisipkan inovasi-inovasi terbaru. Hingga kini, beberapa perusahaan ternama tengah menggarap komputer berteknologi tinggi dengan nama komputer masa depan.

Inovasi-inovasi cerdas telah ikut andil dalam perkembangan teknologi komputer yang begitu pesat. Perkembangan inovasi komputer tersebut terbagi dalam lima generasi. Berikut adalah ulasan tentang sejarah perkembangan komputer dari awal sampai sekarang, dari generasi ke generasi:
2.2.1. Komputer Generasi Pertama
Perangkat komputer yang pertama kali dikembangkan adalah komputer untuk desain pesawat dan peluru kendali. Ilmuwan yang menggagas konsep pengembangan tersebut adalah Konrad Zuse, seorang Insinyur asal Jerman. Kemudian, pada pertengahan 1940-an, komputer tersebut mengalami perkembangan lebih lanjut yang dilakukan oleh John von Neuman.

Ciri utama dari komputer generasi pertama adalah CPU. Ya, central processing unit yang terdapat dalam komputer generasi I merupakan mesin pertama yang digunakan untuk mengoperasikan seluruh sistem dalam komputer. Sedangkan program utama yang terdapat di komputer generasi pertama adalah “machine language”.

2.2.2. Komputer Generasi Kedua
Penemuan penting telah terjadi di generasi kedua ini. Adalah transistor, alat canggih yang dapat memaksimalkan kinerja komputer dengan ukuran yang sangat kecil. Penemuan alat ini mempengaruhi perkembangan komputer pada generasi kedua. Pada 1960-an, para ilmuwan mencoba menggarap komputer generasi kedua.

Beberapa intansi, perusahaan, universitas, serta pemerintah telah memanfaatkan kecanggihan dari komputer generasi kedua. Inti dari penemuan generasi II ini adalah transistor, yang membuat komputer generasi kedua berukuran lebih kecil daripada komputer generasi pertama.

2.2.3. Komputer Generasi Ketiga
Dalam pemakaiannya, transistor membuat komputer lebih cepat panas. Dengan demikian, komputer generasi kedua mulai ditinggalkan. Kemudian seorang ilmuwan bernama Jack Billy mencoba melakukan penelitian. Kemudian pada 1958, ia menciptakan komponen yang lebih canggih dibandingkan transistor yang membuat komputer cepat panas tadi. Yakni IC atau Integrated Circuit chip kecil yang mampu menampung banyak komponen menjadi satu.

Dengan begitu, ukuran komputer menjadi lebih kecil. Pun, pada komputer generasi ketiga juga lebih cepat disektor sistem operasi dan mampu menjalankan beberapa program secara bersamaan.

2.2.4. Komputer Generasi Keempat
Pada generasi ini, komputer yang menggunakan chip IC kemudian dikembangkan lagi. Perusahaan Very Large Scale Integration mencoba melakukan pengembangan tersebut pada 1980-an. Walhasil, satu chip tunggal dapat menampung ribuan komponen. Dari sinilah, istilah “personal computer” atau PC muncul. Artinya, perangkat komputer mulai dipasarkan ke sektor perorangan. Tak berhenti sampai disitu, muncullah perangkat komputer yang mudah dibawa ke mana-mana, yaitu Laptop.

2.2.5. Komputer Generasi Kelima
Komputer generasi kelima adalah yang saat ini tengah dilakukan oleh berbagai vendor elektronik. Ya, komputer generasi kelima kerap disebut sebagai komputer generasi masa depan. Beberapa bukti kecil adalah munculnya smartphone, tablet, phablet, netbook, ultrabook, dan banyak lagi. Perkembangan selanjutnya adalah perangkat komputer yang dapat dijalankan tanpa harus menggunakan kontak fisik (menyentuhnya), tetapi menggunakan otak. Lalu, akankah komputer generasi kelima terealisasi? Hanya waktu yang bisa menjawab.

 

 

BAB 3

3.1.  Kesimpulan

Dari uraian diatas dapat diberikan kesimpulan bahwa computer yang ada saat ini adalah hasil dari perbaikan computer pada masa lalu oleh para ahli. Dan hasilnya adalah computer canggih yang dapat melakukan apapun yang menjadikan segala pekerjaan menjadi lebih efisien.

 

3.2   Referensi

http://komputerflas.blogspot.co.id/2014/05/sejarah-perkembangan-komputer.html

http://komputerhpgadget.blogspot.co.id/2015/07/pengertian-komputer.html

 

  1. Menceritakan Pengalaman Praktikum

 

BAB 1. Pendahuluan

Puji serta syukur kita panjatkan kepada Allah SWT. karena berkat nikmatnya saya bisa memulai cerita praktikum dasar computer di kampus akademi Telkom. Karena pada dasarnya praktikum itu juga penting dalam kegitan belajar mengajar. Seperti kata peribahasa inggris “practice makes perfect”.

 

BAB 2. Cerita Pengalaman Praktikum

Pengalaman praktikum yang dialami oleh saya sendiri tidak begitu banyak. Karena saya pun awalnya tidak terlalu mengerti dengan apa yang akan saya lakukan pada saat pertama praktikum. Tapi setelah itu saya mulai mengerti apa yang dilakukan.

Saat pertama kali praktikum saya merasa kurang mengerti dengan apa yang di praktikkan. Karena saya sendiri tidak banyak tahu tentang ilmu telekomunikasi. Jadi agak bingung saat praktik. Yang saya tahu hanyalah modul praktik yang lumayan tebal dan penuh tulisan.

Yang penting dari setiap praktik adalah laporannya. Karena laporan itu adalah bukti bahwa kita mengerti dengan apa yang kita lakukan saat praktik. Dan selama saya menjalani praktikum saya mulai mengerti perlahan tentang dunia telekomunikasi. Karena dari laporan yang harus ditulis tangan dari modul dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh dosen.

Ada beberapa hal yang ‘lucu’ saat pertama kali praktikum. Karena beberapa mahasiswa baru di dunia telekomunikasi jadi agak sering kita untuk tersetrum saat melakukan praktikum. Apalagi saat pertama merakit computer dengan berbagai macam kabel didalamnya. Karena yang saya selama ini adalah memakai computer bukan merakitnya.

Dan dari beberapa praktikum banyak hal yang saya pelajari. Dari mulai mengenal computer dari awal. Dari pertama kali dibuat sampai sekarang banyak hal yang saya pelajari. Dari mulai mengenal computer dari awal. Dari pertama kali dibuat sampai sekarang yang sudah amat canggih. Dan belajar merakit computer yang ternyata tidak semudah yang saya kira.

Selain itu, saya juga belajar mengenai interior dari computer seperti motherboard dan lain-lain. Dan juga diajari cara merakitnya mulai dari memasang processor, memori, dan sebagainya. Dan yang anehnya saat melakukan praktikum itu kita disuruh mencari tahu apakah baterai yang akan kita gunakan itu masih berfungsi atau tidak dengan cara mejilat baterai terssebut. Jika ada aliran listriknya maka baterai itu masih berfungsi.

Selama praktikum teman sepraktikum juga penting karena mereka bisa dijadikan partner saat praktik. Dan teman yang sudah mengerti tentang dasar komputer itu bisa sangat membantu kita kalau ada bagian praktik yang kurang kita mengerti.dan beruntunglah bagi mereka yang satu kelompok dengan dia.

Dan saya yang bikin kaget lagi adalah saat saya kira kalau praktikum dasar computer itu adalah praktik mengetik atau sejenisnya. Tapi ternyata kita belajar dari awal tentang computer dan cara merakitnya. Tapi dengan begitu saya mengerti awal tentang computer dan tidak hanya tah cara memakainya saja tapi merakitnya juga.

Praktikum ini juga bagian dari pembelajaran. Karena sebenarnya belajar itu bukanlah hanya dari teori yang diberikan tapi juga praktik agar kita lebih mengerti. Karena dari praktik lah kita mengerti semua teori yang diberikan. Oleh karena itu praktik adalah hal yang penting di dunia perkuliahan.

Dan karena praktikum dasar computer ini saya jadi mengerti dari awal tentang sejarah computer, merakit computer, dan menginstal windows. Saya jadi makin tertarik untuk praktikum selanjutnya. Tapi untuk menulis laporannya saya harap sih bisa dipersingkat untuk materinya. Sekian.

 

BAB 3. KESIMPULAN

Praktikum adalah hal penting dalam pembelajaran. Karena dari praktikum itu kita mengerti semua teori. Dan bisa semakin mengerti jika dibagikan. Karena “practice makes perfect”.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *