PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER DARI DULU HINGGA SEKARANG

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER DARI DULU HINGGA SEKARANG
January 17, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

Nama         : Rahma Puji Pratiwi

NIM            : 14150110                     

Kelas         : 14 TEL-03                   

         

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER DARI DULU HINGGA SEKARANG

BAB 1

1.1 PENDAHULUAN

Komputer sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat sekarang. Di zaman yang modern ini, komputer digunakan untuk mempermudah pekerjaan mulai dari mengolah data, mengolah angka, bertukar informasi, serta mengoperasikan suatu alat. Komputer saat ini sudah mengalami banyak perubahan daripada komputer sebelumnya. Contohnya adalah laptop, laptop dapat dibawa kemana saja dengan ukurannya yang lebih kecil dan simple daripada PC. Serta dilengkapi dengan fitur penunjang lainnya seperi kamera, wireless, bluetooth dll. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai perkembangan komputer dari awal ditemukannya sampai dengan saat ini.

 

1.2 RUMUSAN MASALAH

  1. Pengertian komputer
  2. Sejarah perkembangan komputer

 

BAB 2

PEMBAHASAN

2.1 PENGERTIAN KOMPUTER

Kata Komputer berasal dari kata bahasa Yunani “Computare” yang berarti memperhitungkan atau menggabungkan bersama-sama. Kata com berarti menggabungkan dalam pikiran atau secara mental, sedangkan putare berarti memikirkan perhitungan atau penggabungan. Dalam bahasa Inggris: “To Compute” yang artinya menghitung.

Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology yaitu kata computer sebagai kata untuk “orang yang menghitung” yang digunakan dalam bahasa inggris pada tahun 1646. Kemudian pada tahun 1897 kata computer sebagai kata untuk”alat hitung mekanis”

 

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

  1. Robert H. Blissmer, Komputer adalah sebuah alat elektronik yang dapat melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memprosesnya, menyimpan perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.
  2. V.C. Hamacher et al, Komputer adalah sebuah mesin penghitung elektronik yang dengan cepat dapat menerima informasi input digital lalu memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output  berupa informasi.
  3. Elias M. Awad, Komputer adalah sebuah alat hitung yang memproses data untuk disajikan dalam bentuk data digital dan data analog.
  4. Donald H. Sanderes, Komputer merupakan sistem elektronik untuk memanipulasi data dengan tepat dan cepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program (Sistem Operasi) yang tersimpan di didalam penyimpannya (stored program).
  5. Larry Long & Nancy Long, Komputer ialah alat hitung elektronik yang mampu menginterpresentasikan juga melaksanakan perintah program untuk input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logic.
  6. Williams, Sawyer, Komputer merupakan mesin multiguna yang dapat diprogram, yang menerima data (fakta-fakta & gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasinya ke dalam informasi yang dapat kita gunakan.
  7. William M. Fuori, Komputer merupakan suatu alat pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

Dari kombinasi beberapa pengertian komputer diatas, dapat disimpulkan bahwa komputer merupakan alat elektronik yang dapat menerima input data, dapat mengolah data, dapat memberikan informasi, dapat menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer (stored program), dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta dapat bekerja secara otomatis.

 

2.2 PERKEMBANGAN OMPUTER DARI DULU SAMPAI SEKARANG

Komputer Generasi pertama
Komputer generasi pertama adalah ENIAC, yang merupakan komputer elektronik pertama didunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts. Komputer generasi pertama ini menggunakan Tabung hampa udara (vacum-tube) yang terbuat dari kaca untuk penguat sinyal. Namun hal tersebut masih banyak mempunyai kendala seperti: mudah pecah, dan cepat menyalurkan panas.

Sejarah perkembangan konputer generasi pertama memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Pada generai ini komputer masih banyak mengeluarkan panas.
  2. Menggunakan komponen elektronikanya yang terbuat dari Tabung Hampa Udara (Vacuum Tube).
  3. Program dibuat dalam bahasa mesin (Machine Language), yang programnya tersimpan dalam memori komputer.
  4. Utuk mengoprasikannya pun membutuhkan kekuatan listrik yang cukup besar.
  5. Kapasitas yang disediakan untuk penyimpannan data sangat kecil dan terbatas.
  6. Programnya masih menggunakan bahasa mesin dengan menggunakan kode 0 dan 1 dalam urutan tertentu.
  7. Prosesnya relatif lambat.
  8. Mempunyai Ukuran atau bentuk yang sangat besar sehingga diperlukan sebuah ruangan yang yang cukup lebar hanya untuk meletakan komputer ini.
  9. Orientasi utama pada aplikasi bisnis.
  10. Menggunakan sistem luar magnetic tape dan magnetic disk.

Komputer Generasi Kedua

 


Sejarah perkembangan komputer generasi kedua lahir pada tahun 1960-an, penemuan transistor sanggat mempenggaruhi perkembangan komputer pada saat itu. Transistor dapatb menggantikan Tabung hampa udara. Dan hal tersebut tentunya megubah semua ukuran mesin-mesin elektrik . Transistor mulai digunakan pada komputer sekitar tahun 1956-an. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding dengan komputer generasi pertama.
Perkembangan Komputer Generasi kedua ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL.
  • Kapasitas memori utama sudah lumayan besar
  • Sirkutinya adalah transistor.
  • Ukuran fisik komputer lebih kecil dari komputer generasi pertama
  • Tidak membutuhkan terlalu banyak listrik
  • berorientasi pada bisnis dan teknik
  • Proses operasi sudah cepat

 

Komputer Generasi Ketiga

Komputer generasi ketiga merupakan sebuah perkembangan yang sangat pesat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1965-1971-an. Transistor yang dianggap tidak effisien lagi membuat para ilmuan mencari alternatif lain dan kemudian di temukan pada batu kuarsa ( Quartz rock ). Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. Hal ini merupakan sebuah inovasi yang dapat mendongkrak munculnya komputer generasi ketiga.

Komputer Generasi keempat
Setelah IC ditemukan, perkembangan komputer semakin pesat dan jelas. Pada tahun 1971 chip INTEL 4004 membawa kemajuan besar dalam dunia IC, intel berhasil memasukan semua komponen dalam sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) kedalam sebuah chip tunggal yang sangat kecil, jika sebelumnya IC digunakan untuk mengerjakan pekerjaan  tertentu saja maka pada masa ini mikroprosesor dapat diproduksi dan di program untuk menjalankan seluruh kebutuhan yang diinginkan.
Perkembangan Komputer generasi keempat memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Dikembangkan komputer mikro yang menggunakan micro processor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer.
  • Pada generasi ini komputer sudah memaki Large Scale Integration (LSI)

 

Komputer Generasi Kelima

 

Sejarah perkembangan komputer generasi kelima adalah komputer yang kita gunakan sekarang ini dimana pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor di antaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Di pasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium. Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, di samping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam, di samping itu kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat.

BAB 3

KESIMPULAN

Komputer mengalami banyak perubahan dari generasi pertama sampai generasi kelima. Dilihat dari bentuknya komputer generasi pertama membutuhkan ruangan yang cukup besar. Semakin berjalannya zaman, komputer yang ada saat memiliki ukuran yang lebih kecil. Walaupun ukurannya lebih kecil, fitur fitur yang dimiliki oleh komputer sekarang ini lebih lengkap dan sangat nyaman digunakan. Memori penympanan pun juga jauh lebih besar daripada komputer generasi lama. Dengan kondisi komputer saat ini, tentu saja para pengguna merasa lebih nyaman menggunakannya.

 

BAB 4

REFERENSI

http://masterz-seo.blogspot.co.id/2013/12/sejarah-perkembangan-komputer-lengkap.html

https://www.google.co.id/?gws_rd=cr,ssl&ei=tbKXVrvvDsviuQTb4pvwBA#q=awal+kata+komputer

https://id.wikipedia.org/wiki/Komputer

http://www.seputarpengetahuan.com/2015/08/7-pengertian-komputer-menurut-para-ahli.html

http://visiuniversal.blogspot.co.id/2014/02/pengertian-dan-definisi-komputer.html

http://minimaldetail-demo.blogspot.co.id/2012/01/pengertian-komputer-dan-definisi.html

 

PENGALAMAN PRAKTIKUM

BAB 1

PENDAHULUAN

Puji serta syukur kehadirat Allah SWT, atas rahmat-Nya saya dapat memiliki kesempatan untuk menceritakan pengalaman praktikum dasar komputer. Praktikum sungguh penting. Karena melalui praktikum, mahasiswa tidak hanya menerima teori terus menerus. Mahasiswa dapat langsung mencoba mengoperasikan secara langsung pelajaran yang mereka dapat melalui alat-alat yang ada.

BAB 2

PENGALAMAN PRAKTIKUM DASAR KOMPUTER

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, saya Rahma Puji Pratiwi sebagai mahasiswi angakatan 14 di Akademi Telkom Jakarta ingin berbagi pengalaman selama mengikuti praktikum di kampus tercinta. Khususnya pengalaman saat praktikum dasar komputer yang dibimbing oleh Bapak Ma’ruf.

Sebagai seorang mahasiswi diploma sudah sewajarnya bila harus mengikuti berbagai praktikum. Praktikum pertama yang harus saya ikuti adalah Praktikum Dasar Komputer. Sebelum praktek saya mendapatkan 2 modul praktikum yang berisi penjelasan serta pertanyaan yang harus dijawab.

Saat pertama kali memasuki ruangan laboratorium, kesan pertama saya adalah laboratorium di kampus saya ini sungguh unik. Pasalnya, begitu memasuki pintu masuk pertama, saya masih ada banyak pintu lagi untuk jenis praktek lainnya.

Tiba saatnya praktikum, Bpk. Ma’ruf selaku dosen pembimbing Praktikum Dasar Komputer menjelaskan isi modul terlebih dahulu. Karena saya bukan berasal dari sekolah kejuruan, ada rasa khawatir bilamana saya tidak dapat memahami praktikum kali ini. Namun, syukur Alhamdulillah apa yang dijelaskan oleh beliau dapat saya pahami. Setelah beliau selesai menjelaskan barulah kelompok praktikum kami mencoba pada alat yang disediakan.

Kelompok kami terdiri dari dua mahasiswi dan tiga mahasiswa. Kami dibagi menjadi dua kelompok lagi. Saya berkerja bersama rekan saya Yohana. Setelah cukup lama berkutat dengan perangkat komputer akhirnya saya dan Yohana dapat menyelesaikan tugas kami.

Saat praktikum selesai, dosen pembimbing kami menjelaskan tentang detail laporan praktikum yang akan buat. Beliau mengatakan bahwa laporan praktikum harus menggunakan tulisan tangan tidak boleh di ketik.

Saat menulis laporan praktikum, saya tidak menggunakan garis bantu. Alhasil tulisan tidak lurus dan menyebabkan laporan saya menjadi berantakan.

Akhirnya, saya mengulangi lagi dengan menggambar garis bantu di tiap halaman kertas. Untuk membuat garis bantu saja, sangat memakan waktu yang lama. Yang terpenting laporan saya rapi.

Setelah semua laporan sudah ditulis, gambar ditempel, dan menjawab pertanyaan. Masih ada pekerjaan yang cukup malas untuk dilakukan yaitu menghapus garis bantu. Perlu kehatian-hatian untuk menghapus garis bantu agar kertas yang sudah susah payah ditulis tidak robek.

Untuk laporan laporan selanjutnya, saya sudah tidak menggunakan garis bantu di setiap halaman lagi. saya cukup membuat garis bantu di satu lembar HVS lalu meletakkan dibawah kertas HVS yang akan saya tulis untuk laporan.

Karena praktikum yang saya harus jalani ada banyak, ada kala dimana saya kewalahan oleh deadline pengumpulan laporan. Dimana ada enam laporan yang harus diselesaikan dalam seminggu.

Sekian sesi pengalaman saya dalam mengikuti praktikum.

BAB 3

KESIMPULAN

Praktikum membuat kita lebih memahami teori yang diberikan oleh dosen. Dalam praktikum kita memerlukan kerjasama. Karena saat praktikum ada penilaian individu juga penilaian kelompok.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *