PERKEMBANGAN KOMPUTER

PERKEMBANGAN KOMPUTER
January 25, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

NAMA ; AISYA FEBRIYANTI

NIM      ; 14150037

KELAS ; 14 TEL 01

 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Makalah ini saya tujukan untuk kalangan pelajar dan mahasiswa agar kita mengetahui bagaimana sejarah akan komputer, dari generasi pertama hingga sekarang. Manusia menemukan alat-alat mekanik dan elektronik membantu dalam hal perhitungan angka dan pengolahan data supaya lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu.
Terciptanya komputer diawali dengan perkembangan alat hitung, dalam meninjau perkembangan komputer kita tak lepas dari perkembangan alat hitung. Alat hitung tertua yang sekarang masih digunakan adalah abacus (di Indonesia dikenal dengan nama sempoa) yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini dan dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputer.

Pada tahun 1642 seorang pemuda berumur 16 tahun bernama Blaise Pascal membuat sebuah mesin jumlah (Mechanical Adding Mavhine) yang digunakan pada kantor ayahnya di Rouen Perancis pada tahun 19673, seorang Phyosopy jerman bernama Leibniz, membuat mesin hitung yang dapat menambah dan mengalikan. Pada Tahun 1975 seorang Perancis bernama Joseph Mario Jacuard, merancang sebuah metode penggunaan lubang-lubang pada kartu untuk mengotrol benar-benar pada penenun tekstil.Pada tahun 1833, Charles Babbage menggunakan konsep yang mendekati stored program pada komputer modren dan mesinnya disebut Analytical Engine. Pada tahun 1854, George boole menerapkan operasi matematika logic (aljabar logic), penemuan ini merupakan seumbangan besar dalam perkembangan menuju abad komputer. Pada tahun 1880, Dr. Herman Hollerith dari United States CensusBureau menemukan metode dengan menggunakan punch card untuk merekam data dalam mesin sensusnya. Hal ini membawa ollerth kearah suksesnya pada tahun 1986 ia mendirikan Tabulasi Machane Campany dikemukakan hari Tabulating Machine Compay berembang menjadi Internasinoal Bussiness Machine Corporation. (I.B.M).Pada tahun 1908 James Power dari Census Bareau merencanakan mesin untuk memproses dengan menggunakan punch car dan mesin ini digunakan pada tahun 1910 pada tahun 1911 ia membentuk Power Accounting Machine Compay yang kemudian hari menjadi Remington Rand Company dan sekarang menjadi Univac Division of Sperry and Corporation.

Pada tahun 1930 M Jhon V. Atanasiffy menciptakan mesin hitung yang berkerja secara elektronik, tetapi pemutusan dan penyambungan arus listrik masih dilakukan secara mekanis pada tahun 1944 Howard Aiken membuat komputer yang dapat melakukan operasi artimatika dan logika secara otomatis, komputer nya disebut dengan nama Mark I. Mark I segera diganti dengan munculnya komputer elektronik yang otomatis bernama Eniac. Komputer ini dirancang oleh J. Prosper Ecklert dan Jhon W.Mauchly. Hingga saat ini perkembangan komputer dapat dikatakan telah mengalami 6 generasi yang dapat dikelompokkan sebagai berikut :

– Pra generasi (sebelum tahun 1946)

– Generasi I (tahu 1946-1959)

– Generasi II (tahun 1959-1965)

– Generasi III (tahun 1965-1970)

– Generasi IV (sejak 1970)

– Generasi V (sekarang dalam tahap perkembangan)

 

1.2.Tujuan Penulisan

1.Sebagai sarana untuk tempat belajar.

2.Sebagai referensi bagi pelajar dan mahasiswa dalam pengetahuan.

 

1.3. Ruang Lingkup

Ruang lingkup dari penulisan makalah ini adalah mencakup aspek tentang sejarah perkembangan komputer dari generasi pertama hingga sekarang.

1.4 Sumber Data

1.Materi pembelajaran

2.Referensi sejarah perkembangan komputer

 

BAB II

PEMBAHASAN

KOMPUTER GENERASI PERTAMA

Komputer generasi pertamamempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

– Komponen yang dipergunakannya adalah tabung hampa udara (Vacum tube) untuk sirkuitnya.

– Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin: Assembler.

– Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas.

– Cepat panas.

-Proses kurang cepat.

-Kapasitas penyimpanan kecil.

– Memerlukan dya listrik yang besar.

– Orientasi pada aplikasi bisnis.

Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua,negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploitasi potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini tentu saja meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer.Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah Komputer Z3, untuk mendisain pesawat terbang dan peluru kendali.Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Pada Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode Rahasia yang dinamakan Colossusyang berfungsi untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman.Dampak pembuatan Colossus ini tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan.Pertama, colossus bukan merupakan komputer serbaguna (general-purpose computer), ia hanya didisain untuk memecahkan kode rahasia.Kedua,keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja sama dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil.The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator,Perkembangan komputer lain pada masa ini adalah Electronic Numerical Integrator And Computer(ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania.Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder,Komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW. Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980),ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.Pada pertengahan tahun 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan Tim University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer.
KOMPUTER GENERASI KEDUA

Komputer generasi kedua mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

– Sirkutinya berupa transistor

-Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL

– Kapasitas memori utama sudah cukup besar- Ukuran fisik komputer lebih kecil dari komputer generasi pertama

– Proses operasi sudah cepat

-Membutuhkan lebih sedikit daya listrik

-Berorientasi pada bisnis dan teknik.

 

Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energidibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom.Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu.Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator(FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst,dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.

KOMPUTER GENERASI KETIGA

Komputer generasi ketiga mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

– Komponen yang digunakan adalah IC (Integrated Circuits)

–Peningkatan dari softwarenya

– Pemrosesan lebh cepat

– Kapasitas memori lebih besar

– Penggunaan listrik lebih hemat

– Bentuk fisik lebih kecil

– Harga semakin murah.

Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby,seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC :integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

KOMPUTER GENERASI KEEMPAT

Komputer generasi keempatmempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

– Komponen utamanya sudah menggunakan LSI(Large Scale Integration) atau disebut

juga dengan Bipolar Large Scale Integrationya itu sebuah chip yang berisi ribuan

IC(Integrated Circuit) dan setelah ituLSItadi dikembangkan menjadi VLSI(Very Large

Scale Integration)

-Dikembangkan komputer mikro yang menggunakan micro processor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer.
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponenkomponen elektrik. Large Scale Integration(LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an,Very Large Scale Integration(VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra-Large Scale Integration(ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan.Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut mini komputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer(PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya.

KOMPUTER GENERASI KELIMA

Komputer generasi kelimamempunyai cirri-ciri sebagai berikut :

– Komponen yang digunakan adalah VLSI (Very Large Scale Integration)

– Komputer pada generasi ini akan dikembangkan komputer yang dapat menterjemahkan bahasa manusia, bercakap-cakap dengan manusia, dapat melakukan diagnosa penyakit yang lebih akurat Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri. Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia.Lembaga ICOT (Institute fornew Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.

BAB III

KESIMPULAN

Kesimpulan Sejarah komputer dimulai lebih dari 5000 tahun silam di cina. Hal ini ditandai dengan adanya abacus yaitu sebuah alat sederhana untuk melakukan perhitungan. Dari generasi ke generasi komputer selalu mengalami perubahan-perubahan mulai dari pemakaian vacuum tube (generasi pertama), resistor (generasi kedua), Integrated Circuit (generasi ketiga), chip (generasi keempat) serta pemrosesan pararel (generasi kelima).Perkembangan komputer tersebut berlangsung kurang lebih dalam kurun waktu 70 tahun telah menghasilkan perubahan yang besar dari generasi kegenerasi. Cara kerja dan alat yang digunakan pun berbeda-beda, ukuran komputer pada masa generasi pertama sangat besar jika dibandingkan dengan komputer sekarang. Kita tidak akan tahu di tahun-tahun mendatang seperti apakah komputer dan bagaimana fungsinya. Hanya kemajuan teknologilah yang bisa menjawab itu semua.

 

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *