PERKEMBANGAN JAMAN KOMPUTER DARI DULU HINGGA SEKARANG

PERKEMBANGAN JAMAN KOMPUTER DARI DULU HINGGA SEKARANG
January 22, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

                                                                                                                                         NAMA : Difa Rahmat Saputra

                                                                                                                  NIM      : 14150058

                                                                                                            KELAS : 14 TEL 02

Perkembangan Jaman Komputer dari Dulu hingga Sekarang 

BAB I Pendahuluan

B.  Latar Belakang 
Pengertian Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan di organisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di

dalam memori. Komputer sering kali di manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari baik di gunakan untuk meringankan pekerjaan, sebagai hiburan maupun untuk bekerja. Komputer telah merambah ke berbagai sektor dalam kehidupan kita, tidak saja digunakan oleh orang kantoran, akademisi, mahasiswa, anak-anakpun sudah terbiasa dengan alat elektronik ini. Karena perkembangan teknologi yang semakin maju maka dapat mengoprasikan sebuah komputer merupakan salah satu tuntutan yang wajib untuk kita agar nantinya kita tidak gaptek dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.
Berbicara mengenai computer, tidak lepas dari sejarah perkembangan computer dari generasi ke generasi itu sendiri. Banyaknya para pakar yang berusaha untuk menghadirkan computer terbaik yang dapat digunakan manusia selama bartahun-tahun sehingga terciptalah computer yang praktis dan minimalis sehingga dapat memudahkan kerja manusia.

C. Rumusan Masalah

Dari latar belakang masalah tersebut maka penyusun dapat merumuskan suatu masalah, yaitu :

  1. Bagaimana sejarah perkembangan computer dari generasi ke generasi?
  2. Jelaskan perkembangn computer dari masing-masing generasi?

D. Tujuan Penulisan

Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas dalam mata kuliah Komputer Internet.

BAB II Pembahasan

1.Sejarah komputer

    Sejarah Komputer dan perkembanganya dari awal hingga kini. Menurut beberapa sumber penemu komputer yang pertama kali adalah seorang yang bernama Charles Babbage. Dia adalah salah seorang yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan komputer. Berawal dari penemuannya berupa mesin hitung yang merupakan cikal bakal hadirnya komputer hingga seperti sekarang ini.

Penemuan Charles Babbage tersebut berupa mesin penghitung yang dikenal dengan nama Difference Engine no.1. Penemuan Babbage ini adalah penemuan fenomenal pada masa itu yang memberi pengaruh besar pada Perkembangan Komputer kedepannya. Difference Engine no.1 ini adalah kalkulator otomatis pertama yang menjadikan seorang Charles Babbage dinobatkan sebagai penemu komputer dan mendapat julukan bapak komputer.

pada tahun 1822 ilmuan bernama Charles Babbage mengungkapkan idenya membuat alat yang memiliki kemampuan untuk menghitung pada tingkat kompleksitas yang tinggi dan rumit. Peninggalanya tersebut kini masih bisa dijumpai di Museum of Science London.

2. Pegertian tentang komputer

   Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi artikata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponenkomputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).

Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari Abacus, Kalkulator roda numeric dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti “komputer” adalah “yang memproses informasi” atau“sistem pengolah informasi.”

3. Generasi-Generasi komputer

   Sekarang komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada 4 generasi dalam sejarah komputer, yaitu :

    Komputer Generasi Pertama (1940-1959)
komputer-tertua-di-dunia-beroperasi-semula
        Komputer Generasi Pertama berawal dari tahun 1942 hingga tahun 1959. Komputer semacam ENIAC menggunakan 18.000 tabung hampa untuk  mengolah data. Pada tahun 1950-an, beberapa Komputer yang mempekerjakan ribuan tabung hampa masih diproduksi. Komputer IBM 701 yang dibuat tahun 1953 misalnya, mengandung 4.000 tabung di dalamnya, ini disebut juga sebagai komputer dinosaurus karena ukurannya yang relatif besar. Hanya orang yang ahli sajalah yang dapat menggunakan komputer ini karena sangat sulit dan daya komputesinya sangatlah lambat.
Ciri ciri komputer pada generasi pertama adalah sebagai berikut :
  • Komponen elektronikanya dari Tabung Hampa (Vacuum Tube)
  • Program dibuat dalam bahasa mesin (Machine Language), yang programnya tersimpan dalam memori komputer. Programnya masih menggunakan bahasa mesin dengan menggunakan kode 0 dan 1 dalam urutan tertentu.

 Sifat-sifatnya:

  • Ukurannya besar dan memerlukan tempat yang sangat luas
  • Memerlukan banyak Pendingin (AC) karena banyak mengeluarkan panas
  • Prosesnya relatif lambat
  • Kapasitas untuk menyimpan data kecil.

Pabrik yang memproduksi : UNIVAC, IBM, BURROGHS, HONEYWELL

Contoh mesin : ENIAC, MARK II, EDSAC, MARK III, UNIVAC I & II, IBM 650, ADVAC

Komputer Generasi Kedua (1959 -1964)

komputer generasi kedua

     Dikembangkan pada tahun 1948. Bentuk secara fisik megalami penurunan peningkatan yang sangat derastis, hal ini karene ditemukannya transistor yang digunakan sebagai pengganti tube vakum pada Komputer, dan juga telah menggunakan inti-magnetik membantupengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibandingkan dengan komputer generasi sebelumnya. memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory.
Dan pada generasi ini juga mulai ditemukan bahsa pemrograman COBOL, FORTAN. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia

Stretch dan LARC

Mesin pertama yg memanfaatkan teknologi baru ni adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer komputer ni,yang dikembangkan utuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yg pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengn bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yg menggunakan singkatan singakatan utuk menggantikan kode biner.

Ciri – cirinya:

  • Ukurannya relatif kecil
  • Tidak banyak mengeluarkan panas
  • Telah mengenal Magnetic Tape dan Magnetic Disk untuk menyimpan data
  • Prosesnya relatif lebih cepat
  • Mulai mengenal tele processing
  • Kapasitas untuk enyimpan data semakin besar

Pabrik yang memproduksi

  • UNIVAC 1, IBM, BURROGHS, HONEYWELL, CDC, NCR

Contoh Mesin

  • UNIVAC III, IBM 7090, CDC 6600, BURROGHS 5500

  Komputer Generasi Ketiga (1964­ – 1970)

univac-1108

     Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal Komputer. Karena hal diatas para peneliti pada tahun 1958 mengintegrasikan IC, IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa yang dapat mengatsau masalah tersebut.
Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

Komponen Elektronik dari IC program dibuat dalam Bahasa Tingkat Tinggi (High Level Language) BASIC, FORTRAN, COBOL

Ciri – cirinya:

  • Ukurannya lebih kecil dari komputer generasi kedua
  • Mulai mengenal multi programming dan multi processing
  • Adanya integrasi antara hardware dan software dalam OS
  • Prosesnya sangat cepat
  • Kapasitas untuk enyimpan data lebih besar

Pabrik yang memproduksi

  • IBM, BURROGHS, HONEYWELL, NCR

Contoh Mesin

  • IBM System 360, HONEYWELL 200, RCA SPECTRA 70

Komputer Generasi Keempat (1979­ – sekarang)

komputer generasi keempat 

     Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982, dan juga pada Generasi ini mulai dikenalkan computer jaringan.

Komponen Elektronik dari miniatur LSI dan mulai mengenalVLSI yang merupakan paduan dari IC dengan kapasitas rangkaian dapat mencapai 100.000 komponen tiap chip program dibuat dalam bahasa BASIC, FORTRAN, COBOL, PASCAL.

Ciri – cirinya:

  • Ukurannya relatif lebih kecil
  • Mulai mengenal multi programming dan multi processing
  • Mengenal komunikasi data
  • Mengeenal Data Base Management System (DBMS)

Pabrik yang memproduksi

  • IBM, BURROGHS, HONEYWELL

Contoh Mesin

  • IBM S/34, HONEYWELL 700, BURROGHS 600, Apple 1

 4. Sistem Komputer

      Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi). Selain itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer. Komputer dapat membantu manusia dalam pekerjaan sehari-harinya, pekerjaan itu seperti: pengolahan kata, pengolahan angka, dan pengolahan gambar.

Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware). Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer.

Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware tidak berarti apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya (software dan brainware). Contoh sederhananya, siapa yang akan menghidupkan komputer jika tidak ada manusia. Atau akan menjalankan perintah  apa komputer tersebut jika tidak ada softwarenya. Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, “bus”.
Komponen-komponen Komputer
Komponen – komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yang tidak bisa terpisahkan yaitu :
      Hardware ( Perangkat Keras )
           a.    Processing Device
           b.    Input Device
           c.    Output Device
           d.    Storage Device
      Software ( Perangkat Lunak )
           a.    Operating System
           b.    Application Program
           c.    Language Program
      Brainware ( Orang Yang MengoperasikanKomputer )
Hardware ( Perangkat Keras )
    Perangkat yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara fisik, seperti perangkat perangkat masukan, perangkat pemroses, maupun perangkat keluaran. Peralatan ini umumnya cukup canggih. Dia dapat bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya, yang disebut juga dengan instruction set tadi. Dengan adanya perintah yang dimengerti oleh mesin tersebut, maka perintah tersebut melakukan berbagai aktifitas kepada mesin yang dimengerti oleh mesin tersebut sehingga mesin bisa bekerja berdasarkan susunan perintah yang didapatkan olehnya.
Processing Device (CPU)
    CPU ( Central Processing Unit ) berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasidengan peranti input , output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan.
Input Device
    Input Device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Alat-alatnya adalah :
1.    Keyboard
2.    Pointing Device

Output Device
   Output Device adalah perangkat keras komputer yang erfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke ertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara. latnya antara lain adalah :
1.    Monitor
2.    Printer
3.    Speaker
3.    Mouse
4.    Touch screen
5.    Digitizer Grapich Tablet
6.    Scanner
7.    Microphone
Storage Device
   Register CPU berukuran kecil sehingga tidak dapat enyimpan semua informasi, maka CPU harus dilengkapi dengan alat penyimpan berkapasitas lebih besar yaitu memori utama. Terbagi menjadi dua yaitu :
  1. Internal Storage
Adalah media penyimpanan yang terdapat didalam komputer yaitu :
RAM ( Random Access Memory )

    Untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu. Dapat diakses secara acak ( dapat diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya ). Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu:
-Input Storage Digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.
-Program Storage Digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses.
-Working Storage Digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
-Output Storge Digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.

ROM ( Read Only Memori )
Memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan. Hanya dapat dibaca, tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM, sudah diisi oleh pabrik pembuatnya. Berupa sistem operasi yg terdiri dari program pokok, seperti program untuk mengatur penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan bootstrap program. Program bootstrap diperlukan pada saat pertama kali sistem komputer diaktifkan (booting), yang dapat berupa  cold booting atau  warm booting. Dimungkinkan untuk merubah isi ROM, dengan cara memprogram kembali, yaitu :

PROM (Programmable Read Only Memory), yang hanya dapat diprogram satu kali.

EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory), dapat dihapus dgn sinar ultraviolet, dapat diprogram kembali berulang-ulang.

EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory),  dapat dihapus secara elektronik dan dapat diprogram kembali.

  2. External Storage
Perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan & penyimpanan data, di luar komponen utama, yaitu :
a.    Floppy Disk
b.    Hard Disk
c.    CD Room
d.    DVD

Software ( Perangkat Lunak )
Rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi menyelesaikan masalah yang dikehendaki. Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.

Operating System
Sistem operasi atau  operating system ialah Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware  komputerPerangkat lunak yang dihubungkan dengan pelaksanaan program dan koordinasi dari aktivitas sistem komputer. Ada beberapa macam system operasi diantaranya adalah :

1.    Linux
2.    Windows
3.    Mac OS

Tugas sistem operasi termasuk (tetapi tidak hanya) mengurus penjalanan program di atasnya, koordinasi Input, Output, pemrosesan, memori, serta  penginstalan dan
pembuangan software. Sistem operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang membolehkan programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung.

Application Program
Yaitu program komputer yang siap digunakan atau disebut juga program siap pakai. Program paket digunakan untuk aplikasi bisnis secara umum, aplikasi khusus dibidang
industri, aplikasi untuk meningkatkan produktifitas organisasi atau perusahaan dan aplikasi untuk produktifitas perorangan.Contoh :
1.    Microsoft Word
2.    Microsoft Excel
3.    CorelDraw X4
4.    Dll

Language Program

Language Program atau bahasa pemrograman adalah bahasa yang digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi dengan komputer, karena komputer memiliki bahasa sendiri maka komputer tidak akan merespon selain menggunakan
bahasa Pemrograman, seperti :Bahasa komputer yang digunakan untuk menulis instruksi-instruksi program untuk melakukan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh programer, seperti :
1.    Visual basic
2.    Turbo pascal
3.    Delphi

Brainware

Brainware adalah orang yang mengoperasikan sebuah komputer, karena jika tidak ada orang yang mengoperasikan maka tidak akan dapat digunakan.

BAB III PENUTUP

1. Kesimpulan

    Definisi komputer menurut saya, komputer adalah suatu alat elektronik multifungsi yang dapat dipergunakan untuk mengolah data menurut prosedur yang telah di rumuskan dan juga dapat menjangkau hal-hal yang diinginkan oleh manusia sesuai dengan fungsi dan kegunaan komputer itu sendiri. setelah membaca sejarah, perkembangan serta fungsi dari komputer dalam blog ini saya mempunyai kesimpulan yaitu. Semua manusia didunia ini pasti tahu akan komputer dan kegunaanya. Dengan perkembangannya komputer saat ini memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer. Pada zaman sekarang komputer tidak lagi digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar atau pemerintah sekarang komputer yang berada diatas meja(desktop komputer) atau komputer yang dimasukan kedalam tas(laptop)bahkan komputer yang bisa digenggam seperti handphone (palmtop) sudah banyak dimiliki mayarakat. Saat ini komputer aeperti barang pokok yang harus dimiliki oleh setiap manusia. Perkembangan komputer zaman sekarang begitu cepat dan sangat mudah digunakan banyak oleh generasi muda hingga generasi tua yang masih produktif.

     Komputer sekarang tak hanya sekedar memiliki kemampuan perhitungan matematik biasa akan tetapi komputer zaman sekarang mempunyai daya tarik seperti magnet bagi manusia.Untuk menggunakannya mulai dari mempremudah pekerjaan hingga melakukan bisnis dsb.Dengan banyaknya fungsi yang ditonjolkan komputer dan semakin berkembang pesatnya kemajuan aplikasi didalam komputer, tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan uangnya untuk membeli komputer keluaran terbaru.Tapi dari segala hal-hal positif yang dikeluarkan komputer, banyak sisi negative yang ditimbulkan oleh pengguna komputer antara lain :

  1. Dengan adanya fasilitas komputer sebagai alat hiburan seperti chatting dan game , orang banyak yang terlena sehingga mereka lupa terhadap tugas dan tanggung jawab mereka sperti belajar, bekerja dsb.

     2. dengan mengakses situs-situs yang menampilkan gambar serta video

2. Saran-saran

Demi kesumpurnaan makalah ini, penulis sangat mengharapkan kritikan dan saran yang bersifat menbangun kearah kebaikan demi kelancara dan kesumpurnaan penulisan ini

*Catatan: Gunakanlah komputer, laptop, atau smartphone dengan hal yang positif dan ciptakan hal-hal kreatif

      ITU SAJA YANG SAYA SAMPAIKAN DAN ATAS KEKURANGANYA SAYA MOHON MAAF SEBESAR-BESARNYA

                                                        ###TERIMA KASIH WASSALAMUALAIKUM WR WB###

Referensi :

http://ahmadsk46.blogspot.co.id/2013/04/sejarah-komputer-generasi-123-dan-jenis.html

http://www.likethisya.com/sejarah-komputer.html

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *