pengalaman selama pratikum

pengalaman selama pratikum
January 22, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

NAMA        : PIDEN ALWI SAPUTRO

KELAS       : 14 TEL 03

N I M : 14150088

 

Pengalaman saya setelah beberapa kali mengikuti praktikum dasar komputer cukup membuat saya semangat mengikutinya. Karena pada dasarnya saya berasal dari SMK Teknik Mesin yang hanya belajar komputer untuk formalitas saja namun sekarang kuliah yang harus wajib tau tentang komputer.

Setiap materi yang disampaikan asisten laboratorium saya cerna dengan baik, karena pengajaran dan penyampaian nya sopan, menarik, dan santai. Dosen dan mahasiswa pun seringkali bercanda. Hal ini membuat saya dapat belajar computer dengan baik.

Praktek pengenalan komputer ini membuat saya semakin banyak tau tentang computer, tetapi seringkali saya mengalami minder saat praktek, terutama bagaimana saya harus membiasakan diri pada teman yg lebih menguasai tentang ilmu computer ini.

Namun semakin sering saya mempelajari ilmu ini, saya semakin ingin tau karena materinya berkaitan dengan dunia internet, dimana dunia yg tidak bisa dilepaskan dari dunia sehari-hari. Karena ilmu ini belum saya kuasai atau belum terlalu paham.

Karena internet merupakan sumber informasi terlengkap, apapun bisa kita tentukan disitu, segala aktifitas bahkan berkaitan dengan internet, contohnya pendidikan, pekerjaan, dan yang pasti adalah sosial media.

Pengalaman saya selanjutnya adalah ketika di laboratorium, menurut saya ruangan nya kurang luas, dan fasilitas nya kurang lengkap, tapi pengaturan prakteknya saya sukatidak banyak mahasiswa yang ikut praktek di waktu bersamaan.

Namun disamping itu juga tidak efisien sih karena waktu kami banyak diambil untuk praktek yang diadakan sift-sift seperti itu. Selain itu juga jatah libur kami terpakai untuk praktikum, yg seharusnya bisa kami gunakan untuk me refresh otak kami yg jenuh dengan mata kuliah yg lain.

Kembali ke fasilitas di dalam laboratorium,  saya rasa mahasiswa kurang nyaman dengan keberadaan banyak komputer yang sudah tidak layak pakai namun tetap ditaruh disitu. Namun biarpun seperti itu saya cukup senang dengan dosen yang menyampaikan materi-materinya, karena saya bisa lebih mengerti dengan computer dan dengan cara mengajarkan yang seperti itu.

Saya rasa computer yang siap untuk dipakai untuk praktek seharusnya sudah siap seperti layaknya. Seperti; dirumah, adanya koneksi internet, dan kita bisa lebih tau tentang internet. Dan saya rasa harus ada pembaruan di computer dan peningkatan fasilitas lab, kan kampus ini kampus telekomunikasi.

Mungkin itu pengalaman saya selama mengikuti praktikum, tidak banyak bercerita namun lebih banyak menceritakan suka atau duka di praktikum laboratorium.  Semoga saja cerita saya bisa terwujud  di kampus ini, agar mahasiswa selanjutnya merasakan fasilitas yg oke di kampus ini. Makasih…

 

 

KESIMPULAN

Kesimpulan dari cerita pengalaman saya adalah pengetahuan tentang komputer yg tidak saya dapatkan sewaktu SMK tapi saya dapatkan di praktikum ini. Namun kekurangan dari praktikum ini adalah masalah ruangan yg kurang memadai dan tidak tertata rapi, walaupun begitu saya tetap semangat mengikuti setiap praktikum yg dosen berikan walaupun materi nya kurang saya pahami. Saran saya sih di ruang nya yg seharusnya tertata rapi tapi ini malah berantakan dengan adanya komputer yg sudah tidak digunakan dan laporan laporan senior yg di taruh sembarangan.

 

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *