PENGALAMAN SELAMA PRAKTIKUM

PENGALAMAN SELAMA PRAKTIKUM
January 22, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

NAMA   : Difa Rahmat Syaputra

NIM       : 14150058

KELAS  : 14 TEL 02

 

BAB I

A. Kata Pengantar

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, saya  panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada saya, sehingga saya dapat menyelesaikan tugas membuat artikel Dasar Komputer ini. Dalam kesempatan ini saya akan menceritakan sedikit tetang pengalaman saya selama melakukan praktikum di Kampus Akademi Telkom Jakarta atau disingkat AKATEL.

Sebelumnya terima kasih kepada Dosen Bapak Ma’ruf yang telah membimbing saya selama praktikum berlangsung.

Tujuan pengetikan ini :

  • Untuk mendapatkan nilai dasar komputer yang diberikan oleh dosen
  • Ingin berbagi pengalaman yang saya berikan

BAB II

Pengalaman Praktikum

Nama saya Difa Rahmat Syaputra biasanya orang-orang memanggil saya coeg, dulu saya bersekolah di SMK dan saya mengambil jurusan waktu itu yaitu Teknik komputer dan Jaringan atau di singkat TKJ. Saat saya sudah melaksanakan Ujian Nasional (UN), saya ingin melanjutkan kuliah dengan jurusan Teknik Komputer Dan Jaringan. Sebelumnya saya juga berangan-angan ingin masuk ke Akademi telkom.Alhamdulillah setalah saya sekolah saya memberikan hasih UN, Ada seorang guru memberikan surat dan ternyata itu surat penerimaan masuk ke akademi telkom yang berada di jakarta barat.

Pertama saya tau Akademi telkom jakarta dari gedung yang besar dan luas, dan ternyata dugaan saya meleset ternyata itu bukan kampus melainkan sekolah Smk telkom dan kampus Akademi Telkom itu adalah gedung yang di depan sekolah itu, ppfffff saya kira itu gedung untuk kantor sekolah smk Telkom (maaf ya pak saya cuman bercanda)

Oke langsung saja, pertama kali saya mengikuti praktikum yaitu Dasar komputer, Rangaian Listrik dan Fisika Terapan. pertama saya mengikuti praktikum Rangkaian listrik, dan saya mengikuti dan membuat laporan nya dan selesai, dan saya juga mengikuti praktikum Komputer dasar, ini saya tunggu-tunggu dan saya mempelajari modul-modul yang di jelaskan dosen.

Modul pertama Dasar Komputer yaitu sejarah tentang komputer, dan dijelaskan untuk mengetahui asal mula komputer dan generasi-generasi komputer dari dulu hingga saat ini Masyarakat di dunia gunakan. Disini juga kita akan tau jenis-jenis komputer apa saja yang di jaman dahulu.

Kita juga tau apa yang ada pada komputer tersebut dan mengetahui semua kegunaan komputer tersebut, bukan cuma mainya saja bila saat komputer rusak akan kebingungan gimana caranya, itu yang saya takutkan.

Modul kedua yaitu perakitan, disini saya di ajarkan tentang merakit komputer, kalo ini saya sudah tau (bukan sombong ya pak haha) dan saya mengajarkan teman sekelompok saya cara melakukan perakitan dengan memasang prosessor ke motherboard, memasang RAM, memasang Hardisk sampai komputer menyala maksimal.

Sebelumya akan saya jelaskan apa itu Prosessor , Motherboard, RAM, Hardisk,

Prosessor/CPU masyarakat sering menyebutnya “otak komuter” karena ini merupakan bagian penting dalam sebuah komputer, fungsinya untuk melakukan eksekusi yang di perintahkan oleh si user/pengguna.

Motherboard adalah induk dalam sebuah komputer, kenapa dibilang induk karena fungsinya yang menghubungkan semua komponen hardware dalam sebuah komputer sehingga semuanya saling berhungungan.

RAM atau nama panjangnya Random Access Memory adalah sebuah penyimpanan internal yang bersifat sementara dan hanya berkerja saat komputer itu dinyalakan, komponen salah satu komponen penting salam sebuah komputer.

Hardisk sama kaya RAM cuman kalo RAM sifatnya sementara saat dihidupkan saja kalo harddisk bisa bisa menyimpan data dan jika di matikan komputer, data yang kita simpan tidak akan hilang kecuali kita yang menghapusnya.

Modul tiga yaitu menginstal windows 7 di virtual box, saya dan kelompok saya menginstal windows 7 tapi mengunakan virtual box. sebelumnya si sekolah saya sudah menyoba menginstal debian di virtual box tapi lebih mudah menginstal windows 7 viltual box, saya dan kelompok saya berhasil menginstal nya.

Modul ke empat yaitu mereset password Bios, mengerjakannya sangat gampang tapi harus jangan menganggap remeh, saat itu saya mendengar tentang penjelasan dosen tentang gimana caranya melakukan Reset password, dan saya mengerjakanya harus hati-hati.

sesudah mengikuti praktikum dasar komputer dan saya mengerjakan Tugas Laporan dasar komputer hingga selesai. Terkadang saya agak malas mengerjakan karna harus mengerjakanya dengan tulis tangan bukan mengetik di komputer terus di print, tapi iya juga sih kalo menggunakan komputer pasti tugas yang saya kerjakan susah payah hingga mata sakit, dan teman-teman dengan mudah nya meminya atau copas. tapi gak apa namanya juga belajar, hingga saya bisa dan mengajarkan ke teman keluarga atau orang lain.

itulah pengalaman saya saat praktikum

BAB III

 

Kesimpulan dan Saran

Dengan adanya praktikum ini saya pribadi merasa mendapatkan Ilmu perihal computer dan tata cara merakit computer. Semoga dengan adanya praktikum saya pribadi bisa menggunakan ilmu tersebut dengan baik untuk orang yang membutuhkannya.

Penutup

Apa bila ada salah kata atau kesalahan yang tidak enak di lihat mohon di maaf kan sebesar-besarnya dan maaf kan saya jika ada salah

WASSALAMUALAIKUM WR WB

 

 

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *