pengalaman saya selama praktikum

pengalaman saya selama praktikum
January 22, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

Nama        : RATNA PANGESTI BUDI ISWARI

KELAS       : 14 TEL 03

N I M         : 14150081

Praktikum ini berkaitan dengan komputer. Kenapa berkaitannya dengan komputer? Karena saya mengambil jurusan Teknik Telekomunikasi. Belajar komputer itu sangat penting dibidang jurusan ini. Karena bisa dibilang komputer merupakan otak di jurusan ini.

 

Sebelumnya saya sudah belajar tentang komputer tetapi sampai saat ini saya belum terlalu paham tentang komputer. Saat melihat jadwal praktikumnya saya kebagian shift 1 jam 08.00 dan itu adalah ketika hari libur, males banget sebenarnya. Saya di kelompok 2 beranggotakan 5 orang tetapi tugasnya tetap individu.

 

Disaat praktek pertama kali saya tidak terlalu kaget karena saya sudah mengenal komputer walau tidak sepenuhnya mengenal. Hanya saja saya begitu penasaran dan bertanya-tanya dengan praktek ini karena saya baru saja mengikuti praktikum komputer dibangku kuliah.

 

Disaat mengikuti praktikumnya saya tidak penasaran lagi. Praktikumnya masih begitu mudah untuk dipahami karena prakteknya tentang pengenalan komputer. Setelah selesai praktek dosen memberikan tugas tentang laporan praktikum ini. Saya tidak heran kalau dosen memberikan tugas sehabis praktek. Lalu dosen berkata.” Laporan praktikumnya kalian tulis tangan ya bukan diketik.” Saya hanya diam dan terkejut seakan-akan lebay sendiri.

 

Teman sekelompok saya bertanya kepada dosen tersebut. Mereka bertanya,” pak kok ditulis tangan?”. Dosen itu menjawab,” iya biar tidak ada copy paste.” Seketika ruangan tersebut menjadi ramai dan tawa. Lalu dosen mengasih waktu seminggu untuk mengerjakan tugas laporan praktikum tersebut.

 

Setelah itu saya mengajak teman-teman untuk mengerjakan tugas laporan tersebut. Saya berkata,” kerjain tugas laporan yuk.” Lalu teman menjawab,”ayo dimana dan kapan?”. Saya berkata, “besok aja dirumah gue tapi cari gambar perangkat komputer dulu.” Lalu teman mengatakan,”yaudah sip.” Setelah itu saya harus menyiapkan keperluan alat tulis untuk mengerjakan laporan tersebut. Seperti ; pulpen berwarna-warni, tipe-x, lem, gunting, kertas hvs yang ber identitas.

 

Keesokkan harinya teman-teman saya datang kerumah untuk mengerjakan tugas-tugas tersebut. Sebelum mengerjakan terlebih dahulu saya dan teman saya mengeprint gambar perangkat komputer. Setelah itu saya memotong gambar-gambar tersebut. Mulailah menulis laporan tersebut sambil bercanda tawa biar tidak bosan.

 

Ketika sehabis adzan magrib, saya dan teman teman  menjalankan sholat magrib setelah sholat, teman teman pun berpamitan untuk pulang. Saya melanjutkan menulis laporan lalu saya tinggal tidur karena sudah terlarut malam. Keesokkan harinya saya melanjutkan menulis itu. Sampai tangan saya kapalan dan pegal. Akhirnya tiga hari selesai menulis laporan itu lalu saya mengumpulkan tugas tersebut. Semoga nilainya bagus,, aminn…

 

Dari pengalaman praktikum tersebut saya bisa menambah pengetahuan tentang dasar komputer. Tetapi menulis laporannya itu loh pak sampai bikin tangan saya pegal dan harus sering membeli pulpen, ngeprint gambar, dan beli kertas nya. Yang membuat uang jajan saya terpakai.

 

Kesimpulan dan saran

Kesimpulan dari pengalaman ini adalah ilmu yg saya dapatkan di praktikum ini dan sangat penting untuk saya. Karena di jurusan saya setidaknya mengerti tentang ilmu komputer yang sangat berhubungan dengan telekomunikasi, dimana telekomunikasi setiap saat akan mengalami peningkatan yang sangat pesat dan sangat berpengaruh di dunia nyata. Saran saya adalah jangan terlalu banyak teksnya untuk menulis laporan praktikum.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *