Pengalaman Praktikum Semester 1

Pengalaman Praktikum Semester 1
January 23, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

Nama         : Chikko Cetditira

NIM           : 14150119

Kelas         : Karyawan (malam)

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan Rahmat dan berkatNya sehingga saya dapat menyelesaikan Tugas Dasar Komputer ini dengan tepat waktu dan dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana.

Harapan saya semoga Laporan ini membantu menambah wawasan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi laporan ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.

 

Tujuan Penulisan

Untuk sharing tentang pengalaman praktikum selama 1 semester di Akademi Telkom, dan menyelesaikan tugas laporan.

BAB II

PEMBAHASAN

 

PENGALAMAN PRAKTIKUM

Dalam laporan ini saya ingin berbagi pengalaman saya saat praktikum Karena notabenenya teknik telekomunikasi lebih banyak praktek maka dari itu saya harus terbiasa bertemu dengan perangkat – perangkat yg dipraktekan. Awal dari praktek saya itu dimulai dari praktek Dasar Komputer. Sebelum praktek dimulai saya sempat memikirkan apa yang akan dipraktekan, karna saya belum banyak mengetahui tentang teknik telekomunikasi dan sewaktu sekolah saya masuk di SMA jurusan IPA dan pastinya tidak banyak belajar tentang teknik telekomunikasi, lalu akhirnya saya tidak berfikir banyak dan langsung mencari labnya. Awalnya saya tidak menemukan dimana letak ruang labnya, tapi saya berusaha dan akhirnya saya dapati ruang lab yang saya cari haha. Memang kelihatan sederhana, tetapi yang menarik adalah saya dapati banyak hasil kreatifitas dari mahasiswa Akatel yang berupa penemuan-penemuan kecil tetapi cukup menarik.

Oke kembali lagi ke pengalaman prakteknya, pada saat ingin praktek ternyata kelompok saya adalah kelompok terakhir yang datang (karena sebelumnya saya bekerja) jadi saya adalah orang terakhir yang ditunggu hahaha kesannya kurang enak didengar tapi itulah kenyataannya. Saat ingin dimulai pertama-tama kami berkenalan dahulu dengan dosen yang di kenal dengan panggilan “pak Ma’ruf” sifatnya yang asik dan bisa bergaul dengan mahasiswa membawa ketertarikan untuk mempelajari apa yang ingin di praktekan, sebelum mulai praktek kami di jelaskan terlebih dahulu mengenai dasar-dasar teori, sejarah, bahkan praktikumnya. Memang terdengar membosankan tetapi itu berlalu tidak terlalu lama.

Selama praktikum kita tidak terlalu ditekan dan kita seperti bebas berkreasi sendiri asalkan sesuai prosedur hehehe. Nah, selain praktek dasar komputer saya juga melakukan serangkaian praktek lainnya seperti Praktek Fisika terapan, Rangkaian listrik dan Alat ukur. Dari tiga mata kuliah tersebut hanya satu dosen yang membimbing praktek ini, beliau akrab dipanggil “pak Yusuf”, tetapi agak berbeda dengan sebelumnya pak Yusuf ini biasa mengadakan praktikum pada hari biasa yaitu di hari kamis malam, dan mungkin karna waktu yang singkat beliau tidak menjelaskan detail seperti yang dilakukan pak Ma’ruf hehe. Dan lagi-lagi karna waktu yang singkat dan mungkin karna waktunya adalah malam hari, seringkali saya dan teman-teman kurang mengerti dan kurang mendapatkan penjelasan yang rinci mengenai praktikum tersebut.

Saat yang menegangkan dan mungkin melelahkan buat saya adalah saat saya harus membuat laporan, dan berbeda dari pada yang lain di Akademi Telkom Jakarta kami diharuskan menyelesaikan laporan tersebut  dengan ditulis di selembar kertas HVS/A4. sebenarnya ada keuntungan dan kerugiannya, keuntungannya adalah kita dapat memahami betul tentang materi yang sudah dipraktekan dan kerugiannya adalah menghabiskan biaya dan bahkan waktu, karna kita harus membeli pulpen dan HVS, dan tidak hanya itu, seringkali kita seperti kelelahan saat memiliki tugas yang banyak, memang kita tidak harus mencari materi lagi karena kita sudah diberikan materi yang sudah ada dan kita hanya menyalinnya saja, tetapi buat anak kelas malam yang sebagian besar pekerja seperti saya sulit untuk menulis laporan yang cukup banyak dalam waktu yang singkat.

Satu lagi perjuangan yang pernah saya lakukan untuk sampai kata tuntas dalam semua rangkaian dari praktikum dan menulis laporan yaitu mengumpulkan laporannya. Seringkali saya seperti keteteran (bahasa asing haha) dengan waktu yang terbatas, hari sabtu memang kebanyakan pekerja diliburkan, tetapi tidak sedikit juga yang masuk bekerja. Dan termasuk saya, seringkali di hari sabtu saya tidak bisa datang tepat waktu saat praktikum maupun saat mengumpulkan laporan, karena memang dari kantor saya baru bisa keluar kantor itu sekitar jam 1 siang dan tidak jarang saya harus mengejar waktu dan bahkan ditegur karena izin pulang, tetapi memang itu semua demi mendapat nilai dari praktikum hehe. (nasib jadi kelas karyawan hahaha)

Sekian dari sedikit pengalaman saya saat praktikum banyak hal – hal penting yang sebelumnya belum saya dapatkan di sekolah SMA dulu tetapi saya dapatkan di Akademi Telkom Jakarta ini. Praktikum ini akan menjadi pondasi saya akan kehidupan kedepannya yang semakin lama kita harus di tuntut memahami kecanggihan teknologi. Dan di dunia kerja nanti semua yang sudah saya pelajari akan amat sangat membantu saya. Suka duka yang sudah saya lakukan saat praktikum akan menjadi cerita – cerita berkesan nantinya yang belum tentu saya dapatkan di luar sana. Sebelumnya saya mengucapkan terimakasih banyak kepada Bapak Ma’ruf yang sudah membimbing saya hingga saya mengerti. Dan terimakasih juga untuk Bapak Yusuf mudah-mudahan untuk praktek selanjutnya saya akan paham.

BAB III

PENUTUP

 

KESIMPULAN

Praktikum ini sangat membantu saya dalam memahami mata kuliah selain dari materi, dan dalam praktikum ini banyak sekali hal yang dapat dipelajari untuk lebih dalam mengenal teknologi. Selain itu, praktikum ini dapat membuka wawasan saya akan betapa pentingnya teknologi dan komunikasi di kehidupan saya. Dan di dunia kerja nanti skill yang sudah di bangun dari praktek – praktek yang di lakukan saat ini akan menjadi nilai plus bagi pasar industri nantinya.

SARAN

Untuk kedepannya diharapkan bisa lebih mengatur jam praktek agar tidak bentrok dengan yang bekerja. Peralatan dan materi praktikum semakin baik lagi. Dan diharapkan penjelasan-penjelasan yang lebih detail lagi dan bisa membuat mahasiswa lebih mengerti dan paham tentang apa yang di praktikan.

Sekian dari laporan saya ini jika ada kata – kata yang kurang berkenan mohon maaf yang sebesar–sebesarnya. Sekali lagi saya ucapkan terimakasih.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *