Pengalaman Praktikum Dasar Komputer

Pengalaman Praktikum Dasar Komputer
January 19, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

NAMA : JUNITA VALENTINA SARAGIH
KELAS : 14-Tel-03
NIM : 14150083

BAB I
PENDAHULUAN

      Sebelumnya, saya berterima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan saya kesempatan untuk memberikan sedikit pengalaman saya selama saya menjalani praktikum dasar komputer. Dan perlu diketahui bahwa kegiatan ini wajib diikuti para mahasiswa di Akademi Telkom Jakarta ini.

BAB II
PENGALAMAN SELAMA PRATIKUM

       Saya adalah seorang mahasiswa Akademi Telkom Jakarta. Dan selama perkuliahan, saya mendapatkan tugas pratikum yang dimana pratikum itu adalah sebuah kegiatan yang mengaplikasikan teori yang dipelajari sebelumnya.

Jujur, pas saya datang mengikuti praktek dasar komputer tahap pertama dan kedua di ruangan praktikum, saya agak merasa bingung karena saya belum pernah mengotak atik banyak komponen komputer, dan pas saya melaksanakan kegiatan tersebut, saya merasa gugup.

Dan, saya juga agak bingung kenapa kok banyak sekali komponennya. awalnya saya kira komputer itu komponennya lebih gampang dari pada merangkai alat elektronik lainnya. eh, tetapi agak rumit juga soalnya pas saya lihat ada yang namanya PSU, RAM, Processor, kabel ATX terus kabel SATA, jujur aja, saya agak pusing gara2 ngeliat  komponen segitu banyaknya.

Tetapi sih, untungnya aja ada pak Ma’ruf yang senantiasa ngajarin kelompok saya. jadi, paling nggak sedikit banyaknya ,saya punya sedikit bayangan tentang ngerakit komputer.

Setelah pak Ma`ruf memberi sedikit gambaran tentang merakit komputer, kami pun diarahkan untuk MERAKIT KOMPUTER tersebut. Disinilah saya agak terasa sulit. Soalnya saya belum pernah sekalipun mengotak atik komponen tersebut. Dan kemudian pak Ma’ruf memperhatikan kelompok saya.

Setelah kelompok saya memasang seluruh komponen, ada satu komponen yang agak susah dipasang. Yaitu mencocokan kabel power, reset dan kabel lampu HDD. disitu kita disuruh ngetes tombol tersbut dengan obeng. “Kalau sudah cocok semua baru kita selesai.” Kata Pak Ma’ruf. disitu kami langsung terpacu untuk cepat2 menyelesaikan pencocokan kabelnya. dan semuanya selesai.

Setelah semuanya selesai, pak Ma’ruf menitipkan oleh-oleh kepada kami semua. Ada yang tau gak apa oleh-olehnya? Oleh-olehnya yaitu tugas laporan praktikum yang begitu banyak. Pertamanya saya merasa malas buat ngerjain laporannya tapi berhubung itu tugas wajib kampus, jadi terpaksa ngerjain deh.

Pada saat mengerjakan tugas laporan praktikum, saya merasa pusing karena tangan saya kelelahan gara-gara nulis laporan yang begitu banyak. Udah gitu pulpen dan kertas saya habis buat ngerjain tugas dan tukang fotocopy pun bosan melihat saya karena saya selalu print tugas disana.

Setelah saya menyelesaikan tugas laporan dasar komputer, pak Ma’ruf pun memberi saya tugas praktikum dan disitu saya merasa mumet karena saya mengerjakan tugas praktikum lagi. Tapi apa boleh buat, kan yang namanya mahasiswa itu harus jadi orang sibuk.

Jujur dipraktikum dasar komputer yang ketiga dan keempat, saya udah terbiasa dengan namanya tugas laporan dan tugas  laporan praktikum itu merupakan makanan sehari-hari saya.

BAB III
PENUTUP

 A. Kesimpulan
Praktikum komputer itu menguji kemampuan kita dalam menganalisa komponen-komponen komputer dan juga menganalisa sistem operasi yang ada didalamnya.

B. Saran
Semoga dengan adanya praktikum ini kita bisa menggali potensi kita di dasar telekomunikasi dan khususnya untuk teknik telekomunikasi. Dan semoga ilmu ini bermanfaat bagi kita kedepannya.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *