PENGALAMAN PRAKTIKUM DASAR KOMPUTER

PENGALAMAN PRAKTIKUM DASAR KOMPUTER
January 22, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

Nama        : Andi Siti Alifa
Kelas         : 14 Tel 02
NIM           : 14150040

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1 Kata Pengantar

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahirabbilalamin, banyak nikmat yang Allah berikan, tetapi sedikit sekali yang kita ingat. Segala puji hanya layak untuk Allah Tuhan seru sekalian alam atas segala berkat, rahmat, taufik, serta hidayah-Nya yang tiada terkira besarnya, sehingga saya dapat menyelesaikan tugas membuat artikel ini.

Dalam penyusunannya, saya memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak, karena itu saya mengucapkan terima kasih yang kepada dosen pembimbing khususnya Bapak Ma’ruf yang membimbing saya dalam membuat artikel ini dan serta teman-teman yang turut membantu. Dari sanalah semua kesuksesan ini berawal, semoga semua ini bisa memberikan sedikit kebahagiaan dan menuntun pada langkah yang lebih baik lagi.

Meskipun saya berharap isi dari artikel ini bebas dari kekurangan dan kesalahan, namun selalu ada yang kurang. Oleh karena itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar tugas ini dapat lebih baik lagi.

Akhir kata saya berharap agar artikel ini bermanfaat bagi semua pembaca.

 

1.2 Latar Belakang

Pengalaman adalah sesuatu yang pernah terjadi pada diri seseorang yang bisa diasumsikan sebagai pembelajaran selama mereka hidup dan bisa diambil hikmah nya untuk menjadikan seseorang tersebut menjadi lebih baik lagi.

Semua orang mungkin memiliki pengalaman – pengalaman yang pernah mereka rasakan selama hidup di dunia ini. Namun, tidak semua orang memiliki cerita pengalaman yang sama. Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit cerita pengalaman saya selama masa Praktikum di Akademi Telkom Jakarta.

 

1.3 Tujuan

Untuk memenuhi nilai tugas Praktikum Dasar Komputer di Akademi Telkom Jakarta

BAB II

ISI

 

2.1 Menceritakan Pengalaman Praktikum

Akademi Telkom Jakarta Sandhy Putra. Kampus yang minimalis yang hanya memiliki satu program study yaitu D3 Teknik Telekomunikasi. Tidak banyak yang mengetahui keberadaan kampus ini, termasuk saya. Dengan ruang kelas yang hanya sedikit, mahasiswa yang sedikit namanya juga kampus minimalis, namun tidak dengan alat-alat prakteknya menurut saya alat-alat disini cukup memadai.

Perkuliahan pada prodi D3 Teknik Telekomunikasi ini memang di program lebih banyak praktikum dibandingkan teori karena bertujuan untuk dapat bersaing didunia kerja.

Dasar Komputer merupakan praktikum kedua saya, terlebih dahulu saya praktikum Fisika Terapan. Dosen pembimbing dasar komputer yaitu Pak Ma’ruf. Beliau dosen yang baik, royal, dan ramah kepada mahasiswanya. Pertama-tama saya melihat beliau, beliau terlihat seram dengan batu cincin yang terjereng di jari-jari beliau. Penilaian saya pertama melihat beliau, ini dosen pembimbing atau pembisnis batu cincin ?. Kalau batu cincinnya seperti kelereng yang di tengah ada isinya ingin saya bawa pulang sayangnya warna batu cincinnya hitam, hitam kinclong gitu. Mungkin karena sering digosok.

Dengan baju lab yang sudah terpakai kami memulai praktikum yang pertama. Kami praktikum sekaligus dua modul. Modul yang pertama berjudul “memahami tentang sejarah komputer” dan modul yang kedua yaitu “memahami bagian-bagian motherboard”.

Di dalam ruangan terdapat dua kelompok, kelompok saya mendapat sesi pertama. Sebelum praktikum dimulai biasanya beliau meminta kami membaca modul terlebih dahulu. Namun modul yang akan kami baca belum di berikan kepada beliau. Kata beliau modul yang akan di pelajari sudah di berikan kepada Tel lain untuk diberikan kepada Tel kami namun sampai hari praktikum kami belum menerima modul tersebut. Akhirnya beliau meminta perwakilan dua orang untuk fotokopi modul tersebut.

Setelah modul difotokopi kami mulai praktikum. Beliau menjelaskan point-point yang ada di modul tersebut dengan detail sehingga mahasiswa dapat mengerti. Beliau cukup tegas juga saat menjelaskannya. Disela-sela praktikum kadang beliau menyelipkan gurauan atau lawakan yang beliau bikin sendiri. Kadang beliau juga sering memotifasi kami dengan cerita-cerita angkatan sebelumnya yang sudah lulus, mereka bekerja dimana, kedudukan yang enak serta gaji yang mereka peroleh.

Tiba di modul praktikum yaitu memahami bagian-bagian motherboard, yaitu modul terakhir praktikum pertemuan pertama. Sekarang saya tau bagian-bagian di dalam CPU serta fungsinya. Didalamnya terdapat komponen-komponen kecil, dan pada saat pemasangan juga tidak boleh salah. Jika terjadi kesalahan maka akan beresiko dengan komputer kita.

Setelah praktikum beliau meminta kami membuat laporan, laporan dengan ditulis tangan bukannya apa-apa ini modul isinya huruf semua. Diberikan batas waktu pengumpulan hingga satu minggu. Sekarang saya tau bagaimana rasanya membuat laporan dengan ditulis tangan berasa tangan ingin copot. Biasanya pakai CTRL+C+V sambil merem juga udah kelar. Sekarang laporan tulis tangan, mau merem aja susah banget. Kalau merem ga kelar-kelar.

Kurang lebih selang waktu 3 minggu saya praktikum yang kedua. Yaitu modul tiga “Instal Windows 7 didalam Virtualbox” dan modul empat “cara reset password”.

Seperti biasa beliau meminta kami membaca modulnya terlebih dahulu. Setelah itu baru beliau mulai menjelaskannya. Setelah selesai beliau juga meminta kami membuat laporan dengan ditulis tangan dengan batas waktu pengumpulan hanya seminggu. Tetapi kelonpok saya meminta waktu lebih dengan muka yang memelas dengan memohon-mohon agar batas pengumpulan lebih diperpanjang. Pada akhirnya beliau memberikan batas pengumpulan yang lama, dikarenakan jadwal praktikum Fister hampir bersama dengan jadwal praktikum Daskom hanya selang waktu sehari saja.

Demikian pengalaman praktikum yang dapat saya bagikan. Terima kasih kepada beliau yang telah membagikan ilmunya kepada kami saya mohon maaf bila ada salah kata dalam hal penulisan.

 

BAB lll

KESIMPULAN

 

3.1 KESIMPULAN DAN SARAN

Jika dilihat dari covernya memang AKADEMI TELKOM JAKARTA tidak sebanding dengan kampus-kampus lainnya, namun dalam hal pembentukan di dunia kerja tidak perlu diragukan lagi. Tidak hanya teori, ditambah dengan praktikum-praktikum sehingga lulusan AKADEMI TELKOM JAKARTA dapat bersaing diluar sana. Walaupun hanya Diploma lll (D3) tapi tidak kalah dengan lulusan Strata l (S1).

 

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *