Pengalaman Praktikum Dasar Komputer

Pengalaman Praktikum Dasar Komputer
January 22, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

Tugas praktikum Dasar Telekomunikasi

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER DARI GENERASI PERTAMA HINGGA SEKARANG

DiSusun Oleh :

Nama : Vinny Agustina
Kelas : 14-Tel 03
Nim : 14150082

KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah SWT yang telah menganugerahkan kepada kita semua buah kecerdasan yaitu otak, dengan kapasitor memori yang besar, sehingga kita sebagai khalifah di muka bumi ini, merupakan makhluk yang paling mulia derajatnya dari sebaik-baik kejadian dari semua makhluk yang diciptakan Allah.
Shalawat dan salam senantiasa kita panjatkan kepada Nabi kita Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari alam kegelapan menuju dunia yang terang benderang, sampai dengan saat ini. dalam kesempatan kali ini penulis telah menyelesaikan satu buah makalah yang berjudul “PENGALAMAN SELAMA PRAKTIKUM DASAR KOMPUTER” makalah ini dibuat sebagai tugas Praktikum Dasar Komputer, yang dalam hal ini sekaligus bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada pembaca mengenai sejarah komputer canggih yang kita gunakan sekarang pada masanya dulu.
Tidak banyak kata yang dapat diutarakan penulis, mengingat manusia adalah tempatnya salah, oleh sebab itu kami sadar bahwa makalah ini memiliki kekurangan dan kelebihan. Sehingga kritik dan saran dari pembaca sangat di harapkan
Jakarta, 21 januari 2016

Vinny Agustina

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon).
Menurut blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi. Agar lebih bisa atau paham tentang perangkat komputer lebih baik dipraktikan langsung bukan dengan sebuah kata-kata saja.

1.2 Rumusan Masalah

1. Bagaimana sikap yang baik diruang praktikum ?
2. Bagaimana cara agar kita lebih mudah menangkap apa yang dijelaskan ?
3. Bagaimana tanggapan kita selama kegiatan praktikum ?

BAB II
ISI

2.1 Pengalaman Selama Praktikum
Didalam ruang praktikum saya duduk berdasarkan kelompok masing-masing atau bisa dikatakan berdasarkan nim dan saya selama praktek dasar computer sayang bersama dengan 5 orang yakni Ratna, Junita, Maulana, Alvian. Praktikum pertemuan pertama ialah perakitan computer dan pertemuan kedua ialah penginstalan windows 7.
Semalam sebelum kegiatan paktek dimulai sempet cari info sama kelas yang lain susah atau tidak prakteknya katanya sih mudah ya sudah berdoa aja karna sempet takut juga takut kesetrum atau gimana tapi yah harus dibiasain lah kesetrum dikit-dikit.
Dihari praktek ternyata tidak sesulit yang saya bayangkan malah disana saya mendapat banyak sekali pelajaran mengenai computer dari perangkat dasar hingga penginstallan yang ditingkat sebelumnya tidak pernah saya dapatkan sedetail itu karna saya bukan lulusan dari Teknik Komputer dan Jaringan tapi saya lulusan dari SMA ya walaupun ada pelajaran komputer namun tidak sedetail itu.
Awal praktik itu tentang perakitan komputer mungkin sedikit kesulitan ya karna memang saya tidak pernah membongkar CPU apalagi sampai merakitnya sendiri aduh tidak pernah maka disni lah saya memperhatikan dengan benar sewaktu dosen pembimbing lagi menjelaskan perangkat computer.
Namun sebelum merakit dosen sempat memberikan penjelasan tentang sejarah computer ternyata dulu itu computer tidak seperti sekarang yang ukurannya bisa terjangkau di dalam ruangan. Kalau computer generasi pertama jangan kan terjangkau ruangan justru computer itu yang memenuhi satu ruangan ga kebayang itu ribetnya serta kabel dimana-mana.
Selesai menjelaskan sejarahnya kita dijelaskan dulu isi CPU terus cara masangnya biar ga asal-asalan nanti bukan merakit malah merusak kalo tidak benar melakukanya. Karna saya tidak mengerti apa-apa jadi hanya bisa bantu nyabut nyolok kabel ajah dari CPU ke stop kontak sedikit spam sih haha.
Setelah sudah dipasang kita mencoba menyalakan apakah bisa menyala atau tidak ya pertamanya sih tidak nyala tapi setelah diperbaiki ternyata ada salah satu kabel yang posisinya tertukar setelah dibenerin alhamdulilah berhasil nyala. Sukses deh praktik pertama.
Sekarang praktek kedua yaitu penginstalan windows 7, sempet bingung sih sama penginstalan tapi setelah dijelaskan dengan benar dan ada step-stepnya kita tinggal ikutin step sesuai modul. Dosen pembimbingnya asik jadi ga terlalu tegang tapi tetep serius nah disitu titik kenyamanan waktu praktek enjoy aja.
Sebelum menginstal kita di ajarkan cara mereset password nah disitu caranya ada dua pertama diuruh lepas baterai CMOS selama kurang lebih 15 menit. Masalahnya habis dilepas disuruh jilat kalo masih kesetrum dikit berarti baterai masih bagus bingung mau mereset password apa mau jadi siluman ular ngejilat-jilat haha. Step kedua mindahin klop kecil gitu sama dipindahin dlu selama 5 menit baru diletakkan seperti semula.
Sekarang baru deh penginstalan dari sekian step demi step sudah dipraktikan sekarang tinggal nunggu istalannya saja karna lama ya ada yang makan dulu main hp dulu gratak lab dulu banyak deh pokoknya nah setelah selesai instalanya dicoba deh apakah kita berhasil menginstal atau tidak ehh ternyata berhasil Alhamdulillah.
Sudah begitulah pengalaman sewaktu praktik dasar komputer selama semester 1 tidak terlalu tegang tapi tetap serius I Like It.

BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Jadi kesimpulannya bila kita melakukan praktikum jangan banyak bercanda iya boleh sih bercanda tapi yang terpenting ialah tetap serius dan hargai dosen pembimbing praktikum ketika ia sedang menjelaskan.
Banyak-banyak lagi mempelajari tentang teknologi yang sedang berkembang sekarang ini. Dan terus berlatih dan semangat. Dan praktekan apa-apa yang sudah kita dapatkan ketika melakukan praktikum.

3.3 Saran

Lebih ditingkatkan kembali dalam mempelajari dan mengenal komputer agar kita tidak buta teknologi apalagi di zaman era modern seperti sekarang ini yang sebagian besar kehidupan bergantung dengan teknologi.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *