PENGALAMAN PRAKTIKUM DASAR KOMPUTER

PENGALAMAN PRAKTIKUM DASAR KOMPUTER
January 20, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

NAMA : VIMA HATIFA
KELAS : 14-TEL-01
NIM : 14150011

BAB I
PENDAHULUAN

          Namaku Vima Hatifa, mahasiswi baru di Akademi Telkom Shandy Kara Putra Jakarta. Dengan nomer induk mahasiswa 14150011. Kampusku sejauh ini seperti kampus khusus prodi tekhnik telekomunikasi. Sebelumnya Akatel ini tidak pernah saya masukkan ke dalam list perguruan tinggi impian saya. Tapi, mau bagaimana lagi? Takdir saya ternyata berkuliah dikampus ini. Kalau kata pak Rawan Hiba (dosen mata kuliah pengukuran alat ukur) saya ini termasuk mahasiswa yang tercebur. Dunia perkuliahan itu tidak semata-mata hanya belajar di dalam kelas dan minim yang namanya praktikum seperti dimasa SMA dulu. Yang saya tahu dunia perkuliahan itu kita lebih diutamakan untuk belajar ilmu terapan yang berhubungan langsung dengan kondisi real lapangan.

Setelah kurang lebih 2 bulan menjalankan study di Akatel, akhirnya merasakan yang namanya praktikum di perkuliahan. Praktikum dengan kedudukan angkatan mahasiswa paling muda. Praktikum awal dan dasar sebelum merasakan praktikum yang lebih rumit dan lebih memacu rasa  penasaran dengan alat alat yang sebelumnya tidak kami jumpai, iya kami? Mahasiswa baru hehe. Praktikumnya ya berhubungan dengan dunia telekomunikasi, yaitu: fisika terapan, dasar komunikasi dan rangkaian listrik. Yang didalamnya kita belajar seperti tentang magnet, medan magnet, pengukuran hambatan, pengukuran tegangan, cara mereset password, sejarah computer, merakit cpu, mengenal komponen-komponen motherboard dan cara menginstall widows 7 pada pc dengan virtualbox.

Sepertinya, baru diangkatan saya tidak ada namanya aslab a.k.a asisten laboratorium dan asdos a.k.a asisten dosen. Jadi, saya dan teman-teman dibimbing oleh dosen langsung saat melakukan praktikum. Nah, saya kenalkan nih dosen pembimbing praktikum daskom saya, namanya pak Muhamad maruf dan dosen pembimbing praktikum fister juga merangkap menjadi dosen pembimbing praktikum RL beliau biasa dipanggil pak Yusuf.

 

BAB II
ISI

PRAKTIKUM OH PRAKTIKUM

         Pada tanggal 23 Oktober 2015, hari apanya saya lupa. Ditanggal itu saya dan teman-teman pertama kalinya merasakan praktikum. Praktikum pertama dengan pembimbing pak maruf disebuah ruangan laboratorium. Dengan judul praktikum daskom modul 1 dan modul 2, yaitu tentang sejarah computer dan perakitan cpu.

Dimulai dengan membaca materi yang ada dimodul lalu belajar komponen-komponen motherboard dan bagian-bagian cpu. Selanjutnya, kita praktik memasang kabel-kabel ke motherboard supaya bagaimana caranya kabel tidak salah terpasang ke bagian yang tidak seharusnya/tidak sesuai. Setelah itu, kami diminta untuk memasang motherboard dan beberapa komponen lain ke cpu dan menguji apakah monitor dapat menyala atau tidak. Pertemuan pertama dengan pak maruf memberi kesan bahwa praktik itu tidak sesulit yang dikira sebelumnya. Ditambah pak maruf yang friendly orangnya. Jadi, kamipun have fun selama praktik.

Bukan berarti praktikum cuma datang-praktik-pulang-bebas tugas itu pemikiran yang salah. Apalagi daskom, modulnya saja sudah berlembar-lembar sendiri a.k.a tebeeelllll banggeettsss! Yaaaa….. setelah praktik selesai sebelum pulang ada amanat ehhhh tugas dari dosen pembimbing kita disuruh membuat laporan praktikum dan tulis tangan tidak boleh diketik. Modulnya ada 2, permodul isinya kurang lebih 15-an lembar. Ya……. Enggak usah dibayanginlah pegelnya tangan nulis.

Tapi, beruntung karena kita dibimbing sama dosen bukan kakak tingkat a.k.a aslab. Kata temen-temen di kampus lain sih ya, aslab itu suka mempersulit proses acc nya laporan. Yang paraghrafnya miringlah, yang kurang titiklah, yang dilarang ada goresan tipe-x sedikitpunlah, yang penggalan suku katanya kurang tepatlah dll. Kebayangkan ribetnya? Keselnya? Betenya? Hufftttt…. Say ALHAMDULILLAH!!! J

Dalam seminggu kita praktik sebanyak 2 kali. Setelah daskom kita dilanjutkan praktik fister dengan modul 1 dan modul 2 yang berjudul medan magnet 1 dan medan magnet 2. Saya dan teman-teman dibimbing sama pak Yusuf. Cara pak Yusuf berinteraksi dengan kami sangat berbeda dengan pak Maruf, duh ini bukan apa-apa nih yaaa ini cuma sekedar opini saya saja. Saya merasa sedikit bored saat praktik fister. Praktiknya juga ngerti enggak ngerti. Dan kami praktik kurang lebih hanya 20 menit. Sebentar. Kesan pertama yang dikasih pak Yusuf sama saya dan teman teman.

Tapi, jujur saja ini ya. Kami lebih suka praktik fister karena isi modulnya sedikit kira-kira paling sedikit itu 4 halaman yaaa setara dengan 2 lembar bolak-balik. Jadi bersahabatlah sama tangan hehehe… udah gitu praktiknya sebentar. Iya… sebentar.

Minggu selanjutnya atau pertemuan selanjutnya bagian praktik daskom lagi. Lagi. Lagi. Modul 3 dan modul 4 judulnya? Menginstal windows 7 didalam virtualbox dan cara mereset password.

Jadi ceritanya ada teman kami yang punya urusan keluarga dihari itu sehingga dia tidak bisa mengikuti praktikum sampai selesai. Dia laporlah ke pak Maruf. Akhirnya, dia ikutlah praktik. Karena kita sedang praktik menginstall windows 7 pada pc ada part dimana kita benar-benar menunggu loading-an dari proses install-an tersebut. Santai-santailah kita bercanda bersama sedang asik-asiknya tertawa-tawa tiba-tiba chhheeepppsss ruangan gelap pc-pun mati semua. Ternyata mati lampu. Bersorak-lah kita sudah lama-lama menunggu install-an hasilnya nihil. Kita tutup buku, usailah praktik daskom hari itu. Pak Maruf bilang rezekinya si dia yang minta izin tadi. Sayangnya, kita jadi tidak praktik cara mereset password dan kita tidak tahu berhasil atau tidaknya menginstall. Tapi, laporan tetap harus selesai.

Pertemuan kedua dengan pak Yusuf modul 3 dan modul 4 fister. Berjudul, membuat listrik dari magnet dan membuat magnet dari listrik. Seperti biasa, kita praktikum dengan waktu yang singkat. Sebentar. Lalu pulang dan laporan harus selesai dan dikumpulkan sesuai batas waktu yang disepakati.

Nah, untuk pertemuan praktik yang terakhir disemester ganjil ini adalah praktik rangkaian listrik dengan modul 1 dan modul 2 judulnya? Mengukur tegangan dc dan mengukur hambatan. Dengan dosen pembimbing pak Yusuf.

Oh iya, terakhir nih ya kelompok praktik daskom dan praktik fister juga praktik RL itu beda. Kalau praktik daskom satu kali pertemuan 10 orang mahasiswa. Tapi, kalau praktik fister/RL satu kali pertemuan hanya 5 orang mahasiswa. Enough. See you on the next practice everybody. Bye

BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN:

Praktikum itu pelajaran tambahan diluar matkul. Kalau dosen matkul itu kan hanya memberi materi tanpa praktik seperti matkul fister, RL, dastel, al jabar dan matematika dasar tekhnik. Nah, dipraktikum ini kita bisa mendapatkan materi sekaligus praktiknya langsung saat itu juga dari dosen pembimbing praktikum. Praktikum juga sebagai salah satu syarat mendapatkan perizinan menentukan judul tugas akhir atau membuat tugas akhirnya. Jadi, jangan sekali-kali bolos praktikum karena bisa berakibat fatal. Kamu bisa jadi mahasiswa abadinya Akatel. Naudzubillahi min dzalik jangan sampai ya.

 

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *