Pengalaman Praktikum

Pengalaman Praktikum
January 15, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

NAMA : ANANDA ESA PUTRA SUNARTO

NIM : 14150063

KELAS : 14 TEL-02

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Kata Pengantar

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahirabbilalamin, banyak nikmat yang Allah berikan, tetapi sedikit sekali yang kita ingat. Segala puji hanya layak untuk Allah Tuhan seru sekalian alam atas segala berkat, rahmat, taufik, serta hidayah-Nya yang tiada terkira besarnya, sehingga saya dapat menyelesaikan tugas membuat artikel ini.

Dalam penyusunannya, saya memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak, karena itu saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada: dosen khususnya Bapak Ma’ruf yang membimbing saya dalam membuat artikel ini dan serta teman-teman yang turut membantu. Dari sanalah semua kesuksesan ini berawal, semoga semua ini bisa memberikan sedikit kebahagiaan dan menuntun pada langkah yang lebih baik lagi.

Meskipun saya berharap isi dari artikel ini bebas dari kekurangan dan kesalahan, namun selalu ada yang kurang. Oleh karena itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar tugas ini dapat lebih baik lagi.

Akhir kata saya berharap agar artikel ini bermanfaat bagi semua pembaca.

1.2 Latar Belakang

        Pengalaman adalah sesuatu yang pernah terjadi pada diri seseorang yang bisa diasumsikan sebagai pembelajaran selama mereka hidup dan bisa diambil hikmah nya untuk menjadikan seseorang tersebut menjadi lebih baik lagi.

        Semua orang mungkin memiliki pengalaman – pengalaman yang pernah mereka rasakan selama hidup di dunia ini. Namun, tidak semua orang memiliki cerita pengalaman yang sama. Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit cerita pengalaman saya selama masa Praktikum di Akademi Telkom Jakarta.

1.3 Tujuan

  1. Untuk memenuhi nilai tugas Praktikum Dasar Komputer di Akademi Telkom Jakarta

BAB II

ISI

2.1 Menceritakan Pengalaman Praktikum

        Awal kata saya minta maaf nih kepada semua pihak khususnya dengan Dosen Pembimbing saya untuk Praktek Dasar Komputer yang memberikan tugas ini kepada saya Bapak Ma’ruf, jika saya memakai kata yang tidak sopan/tidak formal (gua & lu). Soalnya biar enak aja ceritanya, biar ga kaku :D.   

Nama gua Ananda Esa Putra Sunarto. Saat ini gua sedang menduduki bangku kuliah dan kuliah di D3 Akademi Telkom Jakarta dan sedang menjalani Semester 1. Gua denger dari orang – orang bahwa D3 sekitar 80% dalam perkuliahannya adalah kegiatan praktikum.

        Dan ketika mendengar hal tersebut pertama kali yang gua bayangkan adalah bagaimana bisa mahasiswa yang baru pertama kali masuk di bangku kuliah langsung begitu saja melakukan kegiatan praktikum. Padahal, mahasiswa tersebut belum mengetahui hal apapun yang berhubungan dengan kegiatan praktikum. Tetapi, pikiran yang gua pikirkan tadi melenceng jauh.

        Walaupun mahasiswa belum mengetahui hal apapun tentang yang berhubungan dengan praktikum, dosen dosennya bakal mengajarkan hal – hal paling dasar yang berhubungan dengan kegiatan praktikum tersebut. Dan dosen yang mengajar adalah merupakan dosen yang menurut gua itu sudah expert dibidangnya (weisss… bisa lah 10ribu nih AKATEL buat pujiannya wkwkwk :D).

        Didalam kegiatan praktikum mahasiswa terbagi menjadi beberapa kelompok didalam satu kelas. Pada saat itu gua dikelompokkan dengan teman – teman gua : Nisa, Oliv, Amel, Tubagus (Qisut). Sebenernya sih udah pas itu kelompok karena dibagi menjadi 5 kelompok. Tapi, ada sohib gua yang bernama Erfan yang ingin masuk ke kelompok gua,(mungkin doi ga mau pisah dari gua kali ya :G)  saat itu kami izinkan doi masuk kekelompok kami.

        Kegiatan praktikum yang pertama kali gua dan team lakukan adalah praktikum Fisika Terapan yang berhubungan dengan Magnet. Untungnya gua lulusan SMA Jurusan IPA jadi 50 – 70 % gua udah memahami tentang apa yang berhubungan dengan kegiatan praktikum yang dilakukan. Dosen Pembimbingnya juga baik lagi. Namanya Pak Yusuf. Dia adalah dosen yang suka kebingungan sendiri mau jelasin apa tapi gua suka dengan gayanya yang sangat cool (tepokin dulu ah…). Beliau itu membimbing gua dan temen – temen untuk Praktikum Fisika Terapan dan Rangkaian Listrik I

Dan tidak lupa pula beliau meminta kami untuk membuat laporan dengan cara manual/tulis tangan (tanpa menggunakan alat elektronik : seperti komputer (PC)/Laptop). Dan inilah pertama kalinya gua merasakan membuat laporan dengan cara menulis tangan. Selama gua di SMA, gua ga pernah membuat laporan dengan cara menulisnya dengan tengan dan ga diketik. Sumpah bro awal – awal mah gempor lah, mungkin karena baru ngerasain pertama kalinya. Tapi untungnya beliau ngasih ke kita ga begitu banyak lembar yang harus dikerjakan di dalam laporan.

Tapi hal yang paling gua inget dan freak juga lucu itu pada saat seorang teman gua sebut saja Mawar, dia itu pernah kepo tentang praktikum RL I. Jadi ceritanya waktu itu, Pa Yusuf lagi memperagakan cara kerja dari suatu perangkat. Dan perangkatnya itu bisa membuat energi panas dari listrik. Waktu itu dia meminta team gua buat nyobain nih apakah bener panas atau enggak. Saat itu sih gua udah tau kalo itu emang bener ngeluarin energi panas soalnya waktu SMA gua udah pernah ngerasain Praktikum itu. Tapi, si Mawar ini temen gua dia itu bener bener ga percaya dan kepo banget apa bener itu panas. Pa Yusuf nya aja sendiri udah nyobain dan dia aw aw-an (kepanasan). Nah si Mawar ini akhirnya mencoba sendiri tuh. Tangannya di taruh ke Perangkat itu awalnya sih memang ga ngerasain apa – apa tapi pas lama kelamaan dia kepanasan, dan gua ngeliat ekspresi mukanya tuh kocak abis bro. Dan yang buat gua makin ngakak Pa Yusuf pun ngetawain dia. Sumpah ga tega gua ama dia. Udah lah udah cukup bahas si Mawar kasian dia walau gimana juga kan dia salah satu team gua dan salah satu sohib gua juga. (azekkk)

        Praktikum kedua gua menghadapi yang namanya Praktikum Dasar Komputer dimana semua praktikum itu berhubungan dengan Komputer sampe ke bangkai bangkainya (Perangkatnya). Dan team gua pun bukan seperti team saat gua praktikum Fister dan RL. Waktu itu gua dikelompokin sama temen – temen gua sebanyak 4 orang (termasuk gua). Dosen pembimbing untuk praktikum ini sendiri pun adalah Orang dibalik semua tugas ini yaitu dosen kita tercinta Bapak Ma’ruf.

        Awalnya sih gua ketemu dia serem juga, soalnya dia tuh kalo natap dalem banget. Kaya lagi mau menghajar orang. Sumpah bro gimana ga serem kan udah muka galak awalnya, terus tampang sangar, udah gitu awalnya udah kaya mau ngebanting orang. Tapi pikiran gua itu semuanya melenceng drastis bro. Ga nyangka, Beliau ini orangnya kocak abis bro, gokil. Dia tuh kalo lagi menjelaskan awalnya serius lama kelamaan gokilnya keluar. Sampe keluar jargon khasnya bro doi.

        Waktu itu gua lagi praktek merakit komputer, doi ngejelasin semuanya dan jargonnya pun keluar “…..(dengan aksen Jawanya) Jadi, kalian nanti pasang kabelnya, ya kesetrum dikit lah, ya kaya kesetrum kesetrum bangs*t dikit lah”. Pokoknya jargon ini bakal gua kenang seumur hidup, siapa tau nanti gua jadi dosen jadi gua bisa nerapin lah jargon dari Dosen kita tercinta ini, ya sekedar untuk joke semata lah biar ga terlalu serius.

        Tapi yang bikin gua asem itu di praktikumnya dia, laporannya itu selalu aja banyak. Bisa sampai >10 lembar deh bro. Apalagi, laporannya juga harus ditulis dengan tangan sama seperti laporan Fister dan RL walaupun lebih sedikit dibanding laporan Praktikum Dasar Komputer. Ya nulisnya si ga seberapa tapi Pegel – Pegel Bangs*t nya itu.

        Tapi yang gua demen dari Pa Ma’ruf itu dia itu kalo udah kenal dan deket sama mahasiswa dia itu bakal friendly banget. Tapi kadang sih agak kaku. Tapi diantara Praktikum Fister dan RL dan juga Praktikum Dasar Komputer,  penyampaiannya yang lebih nyampe itu ya si doi bro Pa Ma’ruf.

        Tapi si alhamdulillah selama praktikum gua dan team ga ada kendala sama sekali, paling ya dari 100% kita bisa dapet 65% nya lah dari total keseluruhan.

Intinya selama praktikum gua dapet banyak banget pelajaran – pelajaran yang belum pernah gua dapetin sebelumnya baik itu pelajaran formal maupun informal. Semua materi yang disampaikan baik dari Pa Yusuf ataupun Pa Ma’ruf sama sama bakal berguna bagi gua dan temen – temen untuk kedepannya nanti.

Terimakasih buat semua dosen udah mau membagikan ilmunya tentang apapun yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan khususnya Teknik Telekomunikasi yang bakal berguna banget untuk di lingkungan kerja kita nanti. Dan tak lupa juga, gua mau mengucapkan terimakasih buat temen – temen seperjuangan yang udah mau saling support baik internal maupun eksternal. Karena tanpa kalian, gua bukan apa – apa. Karena gua juga makhluk sosial yang perlu teman yang bisa saling mendukung satu sama lain. Dan khusus untuk Pa Ma’ruf, saya mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak karena telah mempercayakan tugas ini kepada saya dan juga teman – teman.

Demikian pengalaman praktikum yang dapat gua (saya) bagikan, bila ada kesalahan kata terutama kata yang kurang berkenan (tidak sopan) ataupun pengejaan yang salah, mohon dibukakan pintu maafnya. Karena dalam hal ini semata – mata agar pengalaman yang saya ceritakan tidak terasa kaku. Dan juga saya hanyalah manusia biasa yang bisa melakukan kesalahan.

Terima Kasih……

BAB III

KESIMPULAN

 

3.1 Kesimpulan dan Saran

        Kegiatan Praktikum merupakan kegiatan yang positif bagi mahasiswa baik yang menduduki strata S1 dan D3. Karena dengan adanya praktikum kita bisa memahami lebih jauh apa yang nantinya kita lakukan di lingkungan kerja dalam Fakultas yang kita pelajari. Dan juga agar kita bisa mendapatkan pengalaman bekerja dan tidak lagi linglung dalam bekerja nantinya. Dan saran saya untuk semua mahasiswa di Indonesia khususnya mahasiswa AKATEL Jakarta, kita semua berkuliah untuk mencari pekerjaan yang layak. Dan selayaknya kita harus menguasai apa saja yang akan kita kerjakan nantinya dengan cara melakukan kegiatan – kegiatan yang bisa menambah pengalaman dalam bidang yang kita tekuni. Karena sejolinya Perusahaan ataupun Lembaga pemerintah akan mencari orang yang sudah memiliki pengalaman bekerja di bidang yang mereka kuasai. Bukan mencari orang – orang yang hanya menguasai teori – teorinya saja, melainkan skill mereka.

        SEMANGAT TERUS MAHASISWA/I AKADEMI TELKOM JAKARTA TA 2015/2018

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *