MENCERITAKAN PENGALAMAN PRAKTIKUM

MENCERITAKAN PENGALAMAN PRAKTIKUM
January 21, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

MENCERITAKAN PENGALAMAN PRAKTIKUM
NAMA : ORYZA SATIVA
KELAS : 14 TEL 01
NIM : 14150034
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah SWT yang telah menganugerahkan kepada kita semua buah kecerdasan yaitu otak, dengan kapasitor memori yang besar, sehingga kita sebagai khalifah di muka bumi ini, merupakan makhluk yang paling mulia derajatnya dari sebaik-baik kejadian dari semua makhluk yang diciptakan Allah.
Shalawat dan salam senantiasa terpanjatkan kepada Nabi kita Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari alam kegelapan menuju dunia yang terang benderang, sampai dengan saat ini. Alhamdulillahirobbil alamin, dalam kesempatan kali ini penulis telah menyelesaikan tentang “ Pengalaman Praktikum” ini dibuat sebagai tugas mata kuliah dasar komputer , yang dalam hal ini sekaligus bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada pembaca mengenai sejarah komputer canggih yang kita gunakan sekarang pada masanya dulu.
Tidak banyak kata yang dapat diutarakan penulis, mengingat manusia adalah tempatnya salah, oleh sebab itu penulis sadar bahwa artikel ini memiliki kekurangan dan kelebihan. Sehingga kritik dan saran dari pembaca sangat di harapkan.
1. PENDAHULUAN
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan Matematika
2. PENGALAMAN CERITA
Assalamu’alaikum wr.wb
Alhamdulillah dengan adanya praktek dasar computer (DASKOM) ini saya menjadi lebih banyak tau lebih detail tentang bagian-bagian computer. Teman satu kelompok praktek DASKOM saya (Aisya, Endah,Muziono, Hatta), yang dibimbing oleh bapak Muhammad Ma’ruf.
Awal pertama kali praktek, rasanya penasaran banget. Kelompok saya selalu dapet urutan akhir, makanya saya suka penasaran sama temen-temen yang udah praktek duluan. Pas modulnya udah dibagiin, baru dah saya lumayan ngerti apa aja yang akan dibahas di praktikum daskom.
Kalau berbicara tentang computer, saya masih belum terlalu mengerti, karna di boarding school tidak belajar mendetail tentang computer, padahal ibu saya sering menjelaskan computer tentang inilah itulah tanpa praktek yang lebih detail. Maka dari itu, saat praktek saya sangat antusias untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang computer. Dari praktek computer ini, saya jadi tau banyak benda-benda asing yang terpasang di motherboard dan juga kelompok saya dilatih untuk pretelin atau bahasa kerennya merakit CPU terus disuruh pasang kembali, agak ribet sih tapi kalo udah praktek mah jadi bisa. Kita juga diajarkan untuk bisa menginstal windows dan banyak hal lagi yang dipelajari dalam praktek dasar computer ini.
Setelah praktek, kita ditugaskan untuk menulis modulnya secara manual alias nulis pake tangan. Lumayan pegel sih tapi demi tugas mah woles aja. Tulis modul dari part 1 sampe part 2 begitu juga seterusnya untuk praktek-praktek selanjutnya. Didalam modul juga ada soal-soal yang harus dijawab. Ga kebayang dah tuh, nulis segitu banyak modul secara manual udah gitu belum lagi waktu singkat yang diberikan untuk mengumpulin tugas tersebut, berasa deadline banget, tapi woles ajalah.
Akhir kata saya ucapkan terimakasih kepada bapak Muhammad Ma’ruf, karena memberikan praktek yang bermanfat dan cukup jelas materi yang disampaikan. Walaupun kami dituntut untuk menulis modul sampe pegel, tujuannya mungkin agar mahasiswa-mahasiswi akatel menjadi rajin menulis dan menjadi lebih paham tentang pembelajaran dasar computer. Maaf apabila ada kesalahan dalam pengetikan artikel ini ataupun menyinggung perasaan dalam tulisan ini.
3. KESIMPULAN DAN SARAN
Dengan adanya praktek dasar computer ini, mahasiswa-mahasiswi Akademi Telkom diajarkan agar bisa bersaing secara sehat dalam perkembangan zaman yang semakin hari semakin canggih, untuk itu kita harus lebih giat dan rajin lagi dalam menuntut ilmu. Supaya suatu hari nanti, apa yang kita usahakan sekarang akan membuahkan hasil dimasa depan dan juga harus bisa bermanfaat bagi orang banyak. Teruslah menjadi pribadi yang selalu intropeksi diri dari kesalahan yang pernah dibuat.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *