Menceritakan pengalaman praktikum

Menceritakan pengalaman praktikum
January 21, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

Menceritakan Pengalaman Praktikum
NAMA : MAULANA YUSUF
KELAS : 14 TEL 03
NIM : 14150084
BAB I
PENDAHULUAN

A. KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa sehingga saya dapat menyelesaikan artikel ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Artikel ini dibuat digunakan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh Dosen saya Bapak Ma’aruf. Semoga artikel ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam pendidikan.

B. LATAR BELAKANG
Pengalaman adalah kejadian yang pernah dialami (dijalani, dirasai, ditanggung dsb) baik yang sudah lama atau baru saja terjadi. Dan semua orang pasti mempunyai pengalaman mereka masing-masing.
Dan disini saya akan menceritakan pengalaman saya ketika saya melakukan praktikum di Akademi Telkom Jakarta.

C. TUJUAN
Tujuan saya membuat artikel ini Untuk memenuhi nilai tugas Praktikum Dasar Komputer di Akademi Telkom Jakarta.

BAB II
ISI

A.MENCERITAKAN PENGALAMAN PRAKTIKUM
Pada awal pertama kali masuk akademi Telkom Jakarta saya tidak mengetahui kalau di kampus ini tuh ada praktikum nya, lalu mendengar dari teman teman bahwasanya ada praktikum di kampus, salah satu tema juga ada yg mengabarkan di line, lalu ada juga yang menginformasikan langsung, dan lebih tepatnya informasi itu sudah di pajang di madding kampus.

Awal nya saya praktek dasar computer, kebetulan sekali dasar computer karna saya lulus dari sekolah menengah kejuruan (SMK) jurusan teknik computer jaringan, setelah itu ketua kelas membagikan foto copyan modul nya, ketika saya lihat modulnya seperti nya agak sama seperti pelajaran waktu smk dahulu, dalam hati saya “ah inimah ga asing lagi”
Akhirnya tibalah praktek itu, dalam peraturan praktek harus memakai baju seragam lab, dalam kelompok saya ada 5 orang, lalu saya bersama teman teman kelompok itu naik keatas lab, penasaran juga sih sama lab nya karena belum tau sama sekali lab nya itu seperti apa, ketika sampai di atas teman kelompok saya kurang satu lagi.
Lalu saya bertemu guru prakteknya, guru prakteknya itu bernama pak ma’ruf , lalu pak ma’ruf mengatakan bahwa kalau mau melakukan praktikum harus semuanya lengkap, lalu temen-teman yang udah ada di atas mengabarkan teman yang 1 lagi belum dateng itu, melalui line,bbm,sms dan lainnya. Akhirnya dateng juga teman kita yang satu itu.
Lalu kita sekelompok masuk ke dalam ruang praktikum, lalu pak ma’ruf mengatakan sebelum praktek dimulai, “disini ada yang yang smk nya lulusan TKJ ?” lalu saya dan teman saya mengangkat tangan , pak ma’ruf melanjutkan pembicaraanya “udah ngerti dong sama pelajaran ini?” mudah-mudahan pak(kata saya)
Pak ma’ruf selanjutnya menjelaskan modul pertama dan memmbacakan modul itu dari awal sampai akhir sambil menjelaskan tentang yang ada di modul tersebut, modul pertama ialah mengenai tentang sejarah computer, pak ma’ruf menjelaskan sejarah computer tersebut dengan detail sehingga saya dan teman teman saya mengerti.
Setelah itu melanjutkan ke modul 2, modul 2 adalah tentang perakitan pc, seperti perakitan pc ini sudah saya pelajari waktu sekolah smk dulu, seperti modul 1 pak ma’ruf juga membacakan modul 2 secara detail, dari awal hingga akhir, lalu pak ma’ruf menyuruh kita untuk membongkar casing tersebut untuk melakukan perakitan.
Di dalam praktikum itu kelompok saya hanya saya yang laki-laki, oleh karena itu mau tidak mau saya yang harus membuka casing dan yang lainnya, dikarenakan teman saya yang lain tidak berani dan juga tidak berpengalama dalam hal tersebut, dikarenakan teman-teman saya ada yang lulusan IPS dan ada juga yang lulusan IPS.
Ketika membuka casing tersebut saya agak gerogi karena sudah lama tidak melakukan pembongkaran pc, lalu setelah perakitan pc selesai kami di perintah untuk menyalakan computer tersebut, apakah nyala atau tidak nya, didalam hati ada rasa deg-degan juga karena ada rasa malu juga kalau pc nya tidak nyala, sayakan dulunya anak TKJ.
Lalu kelompok kami menyalakan PC tersebut dan alhasil computer itu tidak nyala, hmmm apa yang salah yaa kira” dan akhirnya pak ma’ruf melihat PC nya, lalu pak ma’ruf mengatakn bahwa kabel panelnya ada yang salah, lalu saya menukar kabel-kabel kecil yang banyak itu, dan setelah semua terpasang akhirnya monitornya menyala.
Setelah itu perakitan selesai dan saya menutup casing tersebut, dan lagi lagi rasa gerogi itu dating akhirnya saya salah memasang casing tersebut, lalu pak ma’ruf mentertawakan dan mengatakan “ahhh…. Anak tkj gimana nihh masa baut aja sampe kebalik gitu casingnya” dengan muka malu saya menjawab “maklum pak gerogi terus juga udah lama nih engga ngebongkar- bongkar”
Dan praktikm pun selesai pc sudah d taruh d tempat semula, lalu pak ma’ruf mengatakan. “ada pertanyaan dari praktek tadi” dari teman-teman saya banyak yang bertanya lalu terjadilah proses Tanya jawab tersebut, cukup lama juga sesi Tanya jawab tersebut dank arena itulah saya jadi mengerti apa yang belum saya ketahui
Dan pak ma’ruf mengatakan bahwa modul tersebut di tulis tangan dan dikasih waktu kurang lebih 2 minggu, seketika teman-teman shock dan apa boleh buat itukan tuga dosen kita semuaharus melaksankan nya walaupun dengan hati yg menggerutu, tetapi yang awalnya menggerutu akhirnya kelamaan jadi nyaman juga karena udah banyak nulis heheheh.
Dan menurut saya selama Praktikum Dasar Komputer bersama Pak Ma’aruf itu sangat meyenangkan, karena ada kalanya Pak Ma’aruf bersikap tegas dan serius dalam menjelaskan materi praktek dan ada kalanya Pak Ma’aruf bercanda dalam menjelskan materi praktek, dan itu tidak membuat kami merasa jenuh, karena praktek Dasar Komputer memang lama dan cukup memakan waktu ber jam jam.

BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

A. KESIMPULAN DAN SARAN
Kegiatan Praktikum ini sangat penting, dan Kegiatan Praktikum ini sangat berguna bagi kita yang menjalankan progam pendidikan D3 (Diploma III), Karena dengan adanya praktikum kita bisa memahami lebih jauh apa yang nantinya akan kita lakukan di lingkungan kerja, karena program pendidikan D3 (Diploma III) adalah calon Ahli Madya yang siap bekerja.
Maka dari itu kita mahasiswa/i harus lebih bersungguh-sungguh lagi dalam menimba atau menuntut ilmu agar kita dapat berguna di kemudian hari.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *