Menceritakan Pengalaman Praktikum

Menceritakan Pengalaman Praktikum
January 19, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

NAMA : SALMA RISWANA

NIM : 14150090

KELAS : 14 TEL 03

 

PENDAHULUAN

Bismillahirrohmanirrohim
Dengan menyebut nama Allah SWT Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Saya panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah, serta inayah-Nya kepada saya, sehingga saya dapat menyelesaikan tugas membuat artikel Dasar Komputer ini, yaitu tentang “Menceritakan Pengalaman selama praktikum”.
Dalam kesempatan ini saya akan berbagi sedikit cerita tentang pengalaman praktikum saya di Kampus Akademi Telkom Jakarta. Dan tidak lupa saya ucapkan rasa terimakasih saya kepada Bapak Ma’ruf yang telah membimbing saya selama praktikum berlangsung.

ISI

Asslamu’alaikum wr.wb saya ingin memperkenalkan diri saya dulu nama saya salma riswana, saya sedang menjalani perkuliahan D3 di kampus akademi telkom jakarta.

Saya ingin bercerita tentang pengalaman praktikum saya. Pertama kali saya dapat jadwal praktek awalnya saya bingung praktikum seperti apa yang akan saya praktikkan? Apakah sulit atau mudah? Maklum saya baru pertama kali menjalani praktek didunia teknik.

Saya mendapatkan jadwal SHIFT pagi dan pertama kali saya memakai baju LAB berwarna biru entah kenapa saya senang sekali memakai baju LAB itu. Saya memasuki ruang LAB agak aneh karena disana banyak ruangan – ruangan dan alat – alat yang tidak saya ketahui.

Ketika didalam ruangan ada dua kelompok yaitu kelompok saya dan kelompok imam. Awal saya melihat pak ma’aruf saya takut tapi tidak seperti itu yang saya bayangkan ternyata pak ma’aruf seru dan baik hati.

Diawal praktek saya diajarkan tentang sejarah perkembangan komputer dan perakitan komputer disana saya jadi banyak tahu tentang bagian CPU seperti motherboard, processor, Ram dll. Hal yang paling membuat saya senang itu merakit komputer dan menghidupkannya kembali.

Satu persatu saya pasang alat – alat ke bagian motherboard hingga sampai di power supply. Pada saat dibagian kabel power supply saya dan teman – teman saya bingung harus menempatkan diposisi manakah yang bagian ON dan OFF, kata pak ma’aruf harus di tes terdahulu dengan menggunakan obeng dan lihat hasilnya dikomputer apakah komputer itu mati atau hidup bila disentuh oleh obeng karna kalau disentuh oleh tangan kita yang kosong akan terjadi kesetrum.

Dan pada akhirnya saya dan teman saya kesetrum tangannya, tetapi kesetrum itu enak juga yah, kalau belum kesetrum itu bukan anak teknik namanya. Selesai sudah perakitan komputernya dari awal sampai akhir dan komputer pun bisa menyala.

Di jadwal praktikum yang kedua saya diajarkan tentang penginstalan windows 7 dan mereset password. Awalnya saya tidak begitu mengerti tentang penginstalan windows 7 dan selama saya mengikuti akhirnya saya paham cara menginstal windows 7. Memang agak lama menunggu menginstalnya sih tapi itu sudah bermanfaat banget buat saya.

Setelah selesai menginstal windows 7 praktek selanjutnya mereset password pada BIOS. Wahh, yang ada dipikiran saya pasti seru nih kalau ganti password, dan benar saja tinggal dilepas batery motherboardnya tunggu 5 menit dan setelah itu pasang kembali batery motherboard. semudah itu kah mengganti password kalau kita lupa passwordnya tapi ini untuk komputer. Nah, kalau lupa password lewat handphone gimana tuh pak?? Hehe.

Selesai sudah praktikumnya banyak pengalaman dan manfaat untuk saya, tapi tunggu itu belom selesai masih ada lagi tugasnya yaitu menulis laporan dengan tulisan tangan. Awalnya saya tidak terima dikasih laporan dengan tulisan tangan kenapa tidak diketik saja? Tetapi itu ada manfaatnya juga ternyata dengan menulis laporan dengan tulisan tangan itu akan terbiasa pada dunia kerja juga. Dan semenjak menulis laporan saya jadi suka menulis, menulis itu menyenangkan. Sekian cerita pengalaman pribadi saya .

Wassalamua’alaikum wr.wb.

Kesimpulan

Ikuti dan pahamilah selama praktik karena itu adalah sebuah ilmu bermanfaat untuk diri kita sendiri. Tanpa praktek kita tidak punya keahlian atau bakat apa – apa, Insya Allah ilmu yang dikasih untuk kita akan bermanfaat nantinya.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *