Menceritakan Pengalaman Praktikum

Menceritakan Pengalaman Praktikum
January 23, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

NAMA              : YOSHUA

NIM                 : 14150093

KELAS           : 14 TEL 03

 

BAB I

PENDAHULUAN

A. KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa sehingga saya dapat menyelesaikan artikel ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Artikel ini dibuat untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh Dosen saya Bapak Ma’aruf. Semoga artikel ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam pendidikan.

 

B. LATAR BELAKANG

Pengalaman adalah kejadian yang pernah kita alami dan kita rasakan. baik yang sudah lama atau baru saja terjadi. Dan semua orang pasti mempunyai pengalaman mereka masing-masing.

Dan disini saya akan menceritakan pengalaman saya ketika saya melakukan praktikum di Akademi Telkom Jakarta.

 

C. TUJUAN

Tujuan saya membuat artikel ini Untuk memenuhi nilai tugas Praktikum Dasar Komputer di Akademi Telkom Jakarta.

 

 

BAB II

ISI

1. CERITA MENGENAI PENGALAMAN PRAKTIKUM

Pada awalnya saya tidak mengerti dengan jurusan atau prodi Teknik Telekomunikasi yang saya ambil di Akademi Telkom Sandhy Putra Jakarta, karena pada awalnya saya tidak ada kepikiran untuk melanjutkan pendidikan ke kampus Akademi Telkom Jakarta ini, namun karna masukan dari orang tua dan saya bertanya tanya kepada teman-teman  tentang kampus Telkom yang katanya bagus untuk kedepannya dalam mendapatkan pekerjaan dan tejamin, maka dari itu saya memutuskan untuk kuliah di Akademi Telkom ini.

Setelah saya masuk kedalam dunia perkuliahan saya merasa bersyukur ternyata dunia kampus yang saya dapat tidak seperti dunia kperkuliahan yang ada dalam pemikiran saya sebelumnya yang semua serba mandiri serba sendiri tidak seperti waktu SMK lagi yg selalu bersama-sama. Tetapi yang saya rasakan saat ini semua terasa beda ketika saya mendapatkan teman yang begitu baik dan kami selalu tolong menolong dalam mengerjakan tugas, contohnya tugas ini haha.

Oke tadi itu anggap saja sedikit iklan dan sekarang saya akan menceritakan bagaimana pengalaman saya selama praktikum di Akademi Telkom Jakarta ini.

Pada awal saya praktek yaitu praktek daskom 1 dan 2, saya sedikit telat karna saya lupa kalau hari itu praktek, karna hari itu hari libur untuk kelas saya. Awalnya saya berfikir pasti saya di omelin atau gak boleh ikut praktek, namun ternyata dosen yang mengajar yaitu pak ma’aruf teralu baik hingga saya diperbolehkan ikut praktek tanpa di omelin.

Waktu sebelum praktek saya berfikir ntar praktek pasti tegang nih, ehh ternyata tidak. Saya sama sekali tidak merasakan tegang bahkan waktu praktek kelompok saya sempat bercanda dengan pak ma’aruf. dan saya pun mengerti apa yang di jelaskan oleh pak ma’aruf karna tidak terlalu serius dan jelas penyampaian materinya.

Waktu praktek daskom 1 dan 2 itu membahas tentang sejarah perkembangan komputer dan perakitan komputer. Waktu itu kami disuruh membongkar CPU dan melepaskan bagian-bagian yang ada di dalam CPU tersebut dan kemudian memasangnya kembali dengan benar dan pada saat itu saya sempat kesetrum karna kabel powernya belom kami cabut.

Setelah selesai praktek kami diberi tugas untuk membuat modul dengan tulisan tangan sendiri. Sebenernya saya males harus mengenulis sebanyak itu tapi dari pada saya gak dapet nilai mau gak mau saya kerjakan dan untungnya saya tepat waktu mengumpulkan tugas modul itu, walau harus begadang tiap hari makannya saya suka telat masuk kuliah.

Setelah selesai praktek daskom 1 dan 2 sekarang masuk ke praktek daskom 3 dan 4 yang membahas tentang menginstal windows 7 didalam virtualox dan cara mereset password. Semua berjalan lancar namun saat proses instasasinya membutuhkan waktu yg agak lama.

Setelah selesai kami pun diberi tugas lagi untuk membuat modul dengan tulisan tangan. Saat itu saya hampir nyerah karna dan masa bodo amat karna modulnya lebih banyak dari praktek daskom 1 dan 2. Tapi akirnya selesai juga modulnya walau sedikit telat ngumpulinnya dan akirnya nilai saya di potong.

Dari praktek 1, 2, 3 dan 4 saya bersyukur semuanya berjalan dengan lancar dengan enjoy dan saya dapat mengerjakan tugasnya dengan baik.

 

BAB III

KESIMPULAN DAN SARAN

 

A. KESIMPULAN DAN SARAN

Kegiatan Praktikum ini sangat penting, dan Kegiatan Praktikum ini sangat berguna bagi kita yang menjalankan progam pendidikan D3 (Diploma III), Karena dengan adanya praktikum kita bisa memahami lebih jauh apa yang nantinya akan kita lakukan di lingkungan kerja, karena program pendidikan D3 (Diploma III) adalah calon Ahli Madya yang siap bekerja.

Maka dari itu kita mahasiswa/i harus lebih bersungguh-sungguh lagi dalam menimba atau menuntut ilmu agar kita dapat berguna di kemudian hari.

 

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *