Menceritakan Pengalaman Praktikum

Menceritakan Pengalaman Praktikum
January 22, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

Nama : Rohayati Dwi Yulianti

Kelas : 14 Tel 03

Nim : 14150077

BAB I

PENDAHULUAN

Assalamualaikum wr.wb

Bismillahirrohmanirrohim,
Dengan menyebut nama Allah SWT Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Saya panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah, serta inayah-Nya kepada saya, sehingga saya dapat menyelesaikan tugas membuat artikel Dasar Komputer ini, yaitu tentang “Menceritakan Pengalaman selama praktikum”.

 

 

BAB II

ISI

        Saya Rohayati Dwi Yulianti berasal dari kelas 14 Tel-3 ingin menceritakan tentang pengalaman saya mengikui praktikum yaitu : Dasar Komputer. Dosen pembimbing Dasar Komputer saya adalah bapak Muhammad Ma’aruf,

Sebelumnya, saya belum pernah melakukan praktek disekolah saya sebelumnya. Pertama kalinya saya melakukan praktek di Akademi Telkom Jakarta dan praktek yang pertama kali saya lakukan di Akademi Telkom Jakarta adalah Dasar Komputer yang dibimbing oleh bapak Muhammad Ma’aruf. Awalnya saya berfikir bahwa praktek Dasar Komputer rumit.

Tetapi, mudah jika kita mengikutinya dengan benar dan tidak bercanda. Walaupun pada saat itu pertama kalinya saya membongkar CPU tapi saya tidak merasa sungkan ataupun ragu untuk melakukannya hingga saya membuat laporan yang belum pernah juga saya lakukan sebelumnya.

Pengalaman pertama itulah yang saya dapat dari prakter Dasar Komputer saya diruang laboratorium bersama teman satu kelompok saya yaitu : saya sendiri, Aditya, Ubay, dan Satrio. diantara mereka hanya saya satu-satunya perempuan namun saya belajar untuk menyesuaikan. Awal saya peraktik pak maruf mengajarkan tentang sejarah perkembangan computer dari generasi ke generasi , perakitan pc dan cara menggunakan virtualbox. Tetapi seperti biasa sebelum kita belajar langsung merakit dan memahami cara perakitannya , Pak maruf member penjelasan dan sedikit membacakan modul dan kita dituntut untuk mendengarkan dan sedkit memahaminya perlahan.

Pak Maruf begitu lantang , pelan – pelan dan detail ketika membacakan dan membaca modul tentang apa yang akan dipelajarai hari itu. Setelah menjelaskan , dan sebelum menuju peraktik kita diperkenalkan terlebih dahulu alat – alat atau bahan – bahan untuk merakit pc. Seperti Obeng , Baut , dan sekrup sebagai alat pembuka dan penutup casing cpu.

Dan diperkenalkan beberapa alat yang ada di dalam cpu ketika kita ingin merakitnya. Seperti Motherboard , VGA card , harddisk , powersupply dan dll. Dan Pak maruf juga member saran tentang merk dan spek yang bagus untuk merakit sebuah computer. Lalu ketika kita sudah paham akan teori lalu kita beralih ke perakitan.

Kami memperaktikan semua apa yang sudah dijelaskan dan di prakitikkan oleh pak maruf tadi. Dan alhamdulilah kami tdak mengalami kendala atau kesulitan dalam perakitan. Karena kami sangat memahami dan memperaktikan step demi step yang diterangkan tadi oleh pak maruf.

Selanjutnya kami lanjut ke praktik cara menggunakan virtualbox. Apa itu virtualbox? Virtualbox adalah menggabungkan 2 windows dalam 1 pc ataupun laptop. Seperti biasa sebelum memulai praktik pak maruf telah membagikan modul dari jauh hari sebelum kita peraktik. Dan seperti biasanya sebelum kita praktik , pak maruf menjelaskan dan menerangkan apa yang akan kita pelajari hari yaitu tentang virtualbox.

Kita diminta untuk memperhatikan dan membaca modul yang telah diberi dan dijealskan oleh pak maruf. Pak Maruf sangat pelan – pelan dan detail dalam menjelaskan materinya. Pak maruf member saran kepada saya dan kelompok saya jika ingin menggunakn virtualbox gunakanlah windows 7 dan xp. Karna kedua windows itu sangat ringan dan sangat simple disbanding windows lainnya.

Walaupun tampilannya standar tapi kedua nya lah yang sering dipakai banyak orang dan teknisi computer sekalipun. Memang tampilan windows 7 dan xp kalah dengan windows 8 ataupun windows 10. Setelah saya sudah paham saya pun dan kelompok lainnya mulai praktik. Dan kamipun tidak kesulitan dalam praktik. Karena kamii sangat memahami ketika tadi dielaskan.

BAB III

KESIMPULAN DAN SARAN

 

  1. KESIMPULAN DAN SARAN

         Kegiatan Praktikum ini sangat penting, dan Kegiatan Praktikum ini sangat berguna bagi kita yang menjalankan progam pendidikan D3 (Diploma III), Karena dengan adanya praktikum kita bisa memahami lebih jauh apa yang nantinya akan kita lakukan di lingkungan kerja, karena program pendidikan D3 (Diploma III) adalah calon Ahli Madya yang siap bekerja.

          Maka dari itu kita mahasiswa/i harus lebih bersungguh-sungguh lagi dalam menimba atau menuntut ilmu agar kita dapat berguna di kemudian hari.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *