MENCERITAKAN PENGALAMAN PRAKTIKUM

MENCERITAKAN PENGALAMAN PRAKTIKUM
January 21, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

MENCERITAKAN PENGALAMAN PRAKTIKUM
NAMA : KIKI ADITIYA
NIM : 14150031
KELAS : 14 TEL 01

Kata Pengantar
Segala puji bagi ALLAH SWT dzat pemilik semesta alam ini, yang telah memberikan kita beribu nikmat dan sehat sampai sekarang ini. Syuku akan segala nikmatNya tak lupa kita terus ucapkan.
Shalawat pun tak lupa kita panjatkan untuk Nabi Muhammad Salallau alaihi wasallam, yang telah mempertemukan kita di zaman yang terang benderang ini.
Alhamdulillah, dalam kesempatan kali ini saya selaku penulis akan menyelesaikan tugas praktikum tentang “Pengalaman Praktikum” sebagai tugas mata kuliah Dasar Komputer
Jika dalam penulisan artikel di bawah nanti penulis membuat banyak kesalahan pada teks yang di tulisnya, maka dengan sangat untuk memaafkan segala kesalahannya.

1.1 PENDAHULUAN
Pengalaman adalah peristiwa yang benar-benar pernah dialami. Pengungkapan pengalaman secara narasi berarti mengemukakan atau memaparkan suatu peristiwa atau pengalaman yang pernah dialami berdasarkan urutan waktu terjadinya peristiwa.
Pengalaman merupakan suatu proses pembelajaran dan pertambahan perkembangan potensi bertingkah laku baik dari pendidikan formal maupun non formal atau bisa diartikan sebagai suatu proses yang membawa seseorang kepada suatu pola tingkah laku yang lebih tinggi. Suatu pembelajaran juga mencakup perubahaan yang relatif tepat dari perilaku yang diakibatkan pengalaman, pemahaman dan praktek. (Knoers & Haditono, 1999).

1.2 PENGALAMAN CERITA
Bismillahirrohmanirrohim,
Assallamu’alaikum Warohmatullahi Wabarakatuh,
Alhamdulillah dalam kesempatan ini saya penulis ingin mengutarakan sedikit cerita selama Praktikum Dasar Komputer.
Sebelumnya perkenalkan nama saya Kiki Aditiya biasa di panggil Kiki, anak dari Bapak dan Ibu yang saya sangat sayangi, dan terdaftar pada Akademi Telkom Jakarta sebagai Mahasiswa angkatan 14.
Praktikum Dasar Komputer,
Awal terdengar kalimat di atas adalah dari teman sekelas yang banyak membicarakan perihal tersebut. Pertama saya mencoba bertanya pada diri sendiri, apa praktikum Dasar Komputer itu? Apa yang akan saya lakukan nanti jika praktikum berlangsung, materi apa yang ada pada praktikum tersebut. Kucoba tanyakan kepada teman namun jawaban mereka sama dengan apa yang saya pikirkan “Yaa ndak tau lah ki, kan praktek sama materi aja belum tau” *Terlihat muka kesal dan sinis melihat saya. Terlintas kebodohan memang aku akui pada diriku karena pertanyaan yang begitu sepele 😀
Awal praktikum tepatnya pada hari dan tanggal berapa saya lupa, yang pasti jadwal dan anggota sudah tertera di mading lebih awal ketimbang terbitnya sang Surya. Saya ingat dan saya hafalkan anggota yg ada pada mading tersebut.
Yaa, pada waktunya pun tiba. Saya dan anggotapun sudah berkumpul pada awal praktikum DasKom itu. Terdengar dari mulut ke mulut teman temanku praktikum DasKom berlangsung pada Ruang Lab Komputer lantai satu. Bergegasla kita untuk menuju Ruang Lab dengan raut wajah penasaran dan yang pasti keinginan tahunya dengan Dosen siapa saya dan anggota akan di bimbing.
Bapak Ma’ruf, Yaa itu adalah nama dosen yang akan membimbing dan mengajari saya dan warga AKATEL tentang Dasar Komputer. Awalnya saya menilai Bpk Maruf itu adalah orang yang acuh dan garang, ternyata ekspetasi saya salah dengan beliau, Bpk Maruf seorang yang baik, menerangkan segala materi dengan jelas dan layaknya berbincang dengan teman yang cepat beradaptasi dan tentunya bicara yang ia ucap adalah jawa itu sudah ketenangan bagi saya karena satu bahasa dengan saya.
Praktikum pertama Yaitu pengenalan Komputer dari generasi ke generasi serta perakitan komputer. Pada praktikum pertama kita diharuskan mengenal jenis komputer dari masa ke masa, dari komputer legend sampai sekarang modern. Kita di tuntut juga untuk dapat mengenal nama hardware komputer dan cara memasangnya. Kami diberikan modul agar dapat memahami semua komponen melalui membacanya. Mungkin bagi beberapa mahasiswa komputer suda sangat dikenalinya namun perangkat dan memasang secara langsung baru mereka lakoni, tapi berbeda dengan saya, terbilang saya sama seperti mahasiswa yang lainnya masih dalam proses belajar namun untuk komputer dan komponen serta merakit adalah makanan atau materi yg saya dapati ketika saya SMK, tak asing nama nama seperti Prosessor, Motherboard, vga card, RAM. Nama nama aneh yg sering saya dengar pada SMK, hampir setiap hari saya bertemu dengan hewan hewan aneh tsb.
Praktikum berlangsung dan perakitan pun di mulai, yaa saya mulai merakit bersama anggota yg ada. Saya beritahu nama nama bendanya jika mereka bertanya dan saya beritahu bagaimana cara memasangnya seperti RAM. Sesekali saya pun mencoba mengganggu keseriusan mereka pada saat merakit. Bpk Maruf memantau dan sesekali mengecek. 15, 20, 25 menit berlangsung dan selesai lah proses perakitan, penasaran kita terakhir adalah apakh komputer yang saya dan anggota saya rakit ini akan hidup seperti komputer pada umumnya ? Yaa lihat saja dengan rasa penasaran. Komputer pun terliat hidup, kebanggaan bagi saya dan anggota bisa merakit dengan lancar dan yang pasti hidup layaknya komputer normal. Ilmu yang saya dan anggota dapatkan pada praktikum merakit, yang akan menjadi pengalaman dan Ilmu yang bermanfaat.
Setelah selesai praktikum ternyata kami mendapatkan modul yg baru saja kami baca dan perintah Bpk Maruf untuk mencatat ulang modul tersebut dalam bentuk laporan. Pertama melihat dengan tebalnya modul saya pribadi sangat enggan menulisnya tapi tak lama Bpk Maruf menunjukan laporan kakak kelas dan ternyata lebih tebal dan Naudzubillah banyaknya. Saya pun langsung tak mengeluh lagi dan akan mengerjakan modulnya dengan secepatnya, walau memang saya dan anggota diberikan waktu 1 minggu untuk menyelesaikannya. Waktu yang cukup untuk menyelesaikan tebalnya modul beserta pertanyaan pertanyaan yang terlampir pada modul tsb. Pikir saya adalah selesaikan modul secepatnya dan bergembira lebih lama.
Praktikum kedua,
Yaa seperti praktikum pertama, dengan Bpk Maruf dan ruang Lab yang sama. Namun dengan materi yang berbeda. Materi kali ini ialah bermain dengan Windows dan VirtualBox. Nama yang tak asing lagi saya dengar, Windows teman dekat saya dan VirtualBox semacam permainan yang menyenangkan, kenapa saya bilang menyenangkan ? karena dengan VirtualBox saya bisa menggunakan OS lebih dari satu dalam satu perangkat Komputer atau Laptop, layaknya memiliki banyak komputer atau laptop tapi ini lebih efisien dengan satu perangkat saja. Pertama saya dan anggota mendengarkan materi yang akan kita eksekusi, setelah itu praktikum pun berlangsung. Yaa penginstalan Windows, kalian tau apa yang saya tak sukai dari proses Instalasi OS ? Lamanya waktu penginstalan, yaa memang tergantung pada spesifikasi laptop atau komputer tsb namun sama saja ada proses menunggu di dalamnya. Menunggu dengan melihat angka 1% menjadi 100% dan kemudian Finish. Lama namun jalankan saja karena itu adalah prosedure praktikum dan ilmu yang nantinya kita dapatkan. 40, 50, satu jam sudah di lewati dan alhamdulillah penginstallan pun selesai. Setelah itu permainan VirtualBox pun dimulai, banyak teman anggota saya yg begitu heran karena perangkat satu dapat memainkan dua OS, windows7 dan windows xp. Memang sayapun kagum ketika pertama tau akan kelebian software VB itu. Pada waktu saya duduk di bangku smk saya memainkan Virtual Box namun dengan OS LINUX jadi bisa dibilang agak rumit pada linux ketimbang windows.
Tak lama rasa kagum kita dimanjakan dengan melihat OS 2 Dalam satu PC, Jam praktikum pun berakir dan seperti pada awal praktikum, MODUL. Lebih tebal namun lagi lagi kami harus mengingat bahwa Modul adalah tugas yang harus di Rampungkan.
Praktikum selanjutnya tentang resset Password BIOS dan pengenalan CMOS. Berjalan dengan lancar dan Modul kami terima. Tak banyak cerita pada praktikum Resset tsb.
Cukup sekian karangan cerita pengalaman praktikum ini saya jabarkan dengan sederhana mungkin. Oiya satu hal lagi, Bpk Maruf mengenal SAMIDI, Tokoh legend dari bumi Cilacap kampung saya, jadi saya tak heran jika dia memanggil saya dengan nama Samidi atau saya memanggil dia dengan nama Samidi. Saya dan Bpk Maruf juga sama perihal bahasa daerah, NGAPAK. “Ora Ngapak Ora Kepenak”.
Maaf jika penulisan artikel yang lebih mirip pada cerita ini pembaca mendapati kesalahan atau kalimat menyinggung mohon di maafkan.
Terima kasih,
Wassallamu’alaikum Warrohmatullahi Wabarakatuh.

1.3 KESIMPULAN DAN SARAN
Dengan adanya praktek Dasar Komputer ini Mahasiswa Akademi Telkom Jakarta bisa lebih tahu tentang komputer dan tentang kompnen komponennya, lebih tahu lebih dalam tentang komputer dan perkembangannya dari Era lampau sampai Era Modern ini. Terpenting Mahasiswa mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk bekalnya nanti pada saat ilmu tersebut di perlukan. Baik untuk pribadi maupun untuk orang lain.

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *