Menceritakan pengalaman praktikum

Menceritakan pengalaman praktikum
January 21, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

NAMA : RUSMAN
NO. NIM : 14150108
KELAS : 14 TEL 3
BAB I
PENDAHULUAN
A. KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa sehingga saya dapat menyelesaikan artikel ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Artikel ini dibuat digunakan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh Dosen saya Bapak Ma’aruf. Semoga artikel ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam pendidikan.
B. LATAR BELAKANG
Pengalaman adalah kejadian yang pernah dialami (dijalani, dirasai, ditanggung dsb) baik yang sudah lama atau baru saja terjadi. Dan semua orang pasti mempunyai pengalaman mereka masing-masing.
Dan disini saya akan menceritakan pengalaman saya ketika saya melakukan praktikum di Akademi Telkom Jakarta.
C. TUJUAN
Tujuan saya membuat artikel ini Untuk memenuhi nilai tugas Praktikum Dasar Komputer di Akademi Telkom Jakarta.
BAB II
ISI
A.MENCERITAKAN PENGALAMAN PRAKTIKUM

Assalamualaikum warohmatullahi walbarokatu
Oke di sini saya akan menceritakan apa kesan saya saat pertama kali belajar computer, lebih tepatnya peraktek computer. Dari mulai di jadwalkannya sampai selesai menulis laporan.
Awalnya saya tidak tahu mentahu apa itu praktek dan gimana caranya ataupun tempat perakteknya saya tidak tahu di mana ,PLUS beserta siapa dosennya.
Saat itu saya yang baru sampai di kampus tiba-tiba salah satu dari teman saya berkata ‘’man, kita satu kelompok praktek’’ . jawab saya ‘’haa ? praktek apaan ? .. jawab teman ‘’ya praktek komuter lah man’’. Jawab saya ‘’oh computer, emang hari apa jatohnya?,’’ jawab teman ‘’hari jumat man’’ . jawab saya ‘’oh jadi kita berdua doang nih yang praktek ?’’ jawab teman ‘’engga man , kita ada kelompok, satu kelompoknya bejumlah 5 orang tapi tahu dah gua orang-orangnya lupa siapa aja , klo mau lihat , lu lihat aja noh di madding,’’. Jawab saya ‘’ ok.. makasih ‘’. Yasudah langsung saya tinggal temen saya itu dan langsung berjalan cepat ke arah mading yang tepatnya berada di sebelah kantin tersebut.
Ternyata benar ada 5 orang dan langsung saya ingat-ingat siapa saja orangnya untuk memberi tahu , siapa tahu mereka belum tahu ,hahaha..
Lima hari sudah berlalu dan sampai lah saya di hari dimana kelompok saya untuk praktek computer . dan di situlah yang tadinya saya kira itu adalah tempat untuk rapat para dosen ehh tahunya itu adalah tempat untuk semua pelajaran praktek seperti alat ukur, fisika , RL, computer dan masih banyak yang lainnya.
Ketika kami semua sudah berada di tempat tersebut barulah datang seorang dosen yang saya tidak tahu mau ngapain itu dosen tapi ternyata beliau adalah dosen yang akan mengajarkan kami praktek computer yang bernama ma’ruf dan anak-anak memanggilnya pak ma’ruf tapi seketika doesn itu masuk saya meminta ijin kerlebih dahulu untuk ke kamar mandi.
Pertama melihat dari wajah beliau dan perawakan beliau menurut saya beliau adalah orang yang cuek bebek lebih tepatnya masa bodo, tetapi ketika beliau mengajar di situlah saya merasa bahwa pendapat saya sebelumnya itu salah karna beliau mengajarkan dengan sabar dari mulai pembongkaran computer sampai pemasangan computer beliau selalu bertanya apakah sudah mengerti di bagian ini, dan jikalau masih ada yang belum di mengerti beliau akan menjelaskannya mulai dari yang di tanyakan tersebut sampai benar-benar ngerti. Di samping itu beliau selalu mencoba menghibur kami dengan lawak-lawakanya , meskipun terkadang garing tapi saya mengerti mungkin maksud beliau adalah agar orang yang di ajarkannya itu tidak gumoh atau biasa kita kenal adalah BT.
Ketika sampai waktu tenggang atau lebih jelasnya ketika waktu sudah hampir selesai dan Alhamdulillah kami pun sudah mengerti semua yang di ajarkan beliau , ketika itu juga beliau meminta agar kami membuat laporan dan beliau memerlihatkan contohnya ke pada kami bahwa laporannya seperti ini,; disini lah tugas yang lumayan repot kata teman saya, jadi prakteknya lumayan mudah tapi laporannya yang bikin BT. Dan langsung beliau pun berkata bahwa membuat laporan ini sebagian dari pada nilai maksudnya kami tidak akan dapat nilai jika kami tidak membuat laporan tersebut, kami pun berkata ‘’siap’’ dan waktu juga sudah selesai beserta di persikahkannya kami untuk keluar.
Laporan sudah selasai saya baru sadar bahwa di rumah saya terdapat computer yang sudah lama tidak terpakai , saya pun mencoba menghidupkannya ternyata tidak hidup, akhirnya saya coba bongkar dan mengingat-ingat apa yang sudah di ajarkan pak ma’ruf kepada saya, akhirnya saya coba kutak atik isi-isi yang ada di wilayah motherboard saya coba bersihkan dan saya asang lagi ternyata masih tidak hidup juga sampai akhirnya saya melihat ternyata kabel power untuk arus listriknya itu rusak , yasudah saya BT karna sedang tidak ada uang untuk beli kabel tersebut akhirnya saya tinggalkan computer itu dan menunda kehidupannya.
NOTE : meskipun computer itu belum hidup setidaknya ilmu yang kita pelajarin bisa bermanfaat setidaknya kita tahu dimana letak kerusakan computer tersebut.
Setelah itu 2 minggu sudah berlalu , saya masih di kelompok yang sama dan terdapat juga modul-modul baru yang bermunculan entah dari mana itu modul datang dan modul tentang praktek computer waktu itu berjudul Menginstall Windows dan Mereset Password kalo engga salah. Di peraktek sebelumnya saya lumayan agak telat karna ijin ke toilet dulu jadi tidak tahu apa yang terjadi tapi yang pasti di modul ini kami di persilahkan membaca terlebih dahulu sampai selesai , barulah pak ma’ruf mulai bertanya-tanya sampai sekian menit setelah itu di lanjutkan praktek Menginstall Windows dan Mereset Password yaitu salah satunya melalui besi yang berbentuk bulat putih seperti duit 500 perak tapi itu di sebut batre , nah benda itu di cabut lalu di tunggu sekian menit lalu di masukan lagi dan yang ke dua dengan benda kecil berwarna kuning berlubang dua kalo engga salah , nah pertama benda itu di cabut lalu di pindahkan ke sebelahnya lalu di balikan lagi . nah barulah Menginstall Windows dan Mereset Password berhasil.
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
A. KESIMPULAN DAN SARAN
Kegiatan Praktikum ini sangat penting, dan Kegiatan Praktikum ini sangat berguna bagi kita yang menjalankan progam pendidikan D3 (Diploma III), Karena dengan adanya praktikum kita bisa memahami lebih jauh apa yang nantinya akan kita lakukan di lingkungan kerja, karena program pendidikan D3 (Diploma III) adalah calon Ahli Madya yang siap bekerja.
Maka dari itu kita mahasiswa/i harus lebih bersungguh-sungguh lagi dalam menimba atau menuntut ilmu agar kita dapat berguna di kemudian hari.

Wassalamuallaikum.wr.wb

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *