Cerita Pengalaman Praktikum

Cerita Pengalaman Praktikum
January 23, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

Nama : Siti Nurul Hidayah

Kelas : 14 Tel 2

Nim: 1415068

BAB I

Pendahuluan

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Puji syukur kami panjatkan pada kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, hidayah serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaika ntugas menulis artikel tentang pengalaman saat praktikum ini tepat pada waktunya.

Akhir kata, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak terutama dosen pembimbing praktikum kami yaitu bpk yusuf dan bpk ma’ruf yang telah berperan serta dalam membimbing kami saat praktikum saat Semester 1.Serta kami berharap agar artikel ini dapat bermanfaat bagi semua kalangan.Amin ya rabbal alamin.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

 

BAB II

Isi

Pengalaman Praktikum

Praktikum pertama kali saya di Akademi Telkom Jakarta adalah praktikum fister bersama pak yusuf.Pertama kali saya lihat ada pengumuman praktik saya senang karna kita enggak bakal belajar di kelas saja.Pas ke ruang praktik di depan ada dua pintu cokelat,ekspektasi saya satu ruang pintu satu ruang praktek,ternyata pas masuk ke dalam, di dalam ada banyak ruangan yang mirip kamar kost-kostan hahaha.

Lanjut ke praktikum daskom

Akatel adalah tempat pertama kali saya melakukan praktek tentang computer. Saya pertamanya bingung harus ngapain walaupun saya dari SMA jurusan IPA tapi yang namanya perempuan taunya cuma memakai saja enggak pernah tau –apalagi mau mencari tau- cara kerja komputer bagaimana.

Sebelum praktikum kelompok kami diberi modul yang berjudul “memahami tentang sejarah komputer” dan “memahami bagian-bagian motherboard”.Pertama- tama pak ma’ruf menjelaskan tentang sejarah computer dari pertama sampai sekarang,lalu pindah modul selanjutnya. Pak Ma’ruf cukup jelas menjelaskan dua modul tersebut hingga saya yang pertamanya tidak tau motherboard itu buat apa hingga alhamdulillah saya perlahan lahan mengerti.

Selesai praktikum kita diberi tugas untuk membuat laporan praktikum,dan tugasnya tidak boleh diketik dan disuruh menulis dengan tangan. Kita agak shock juga biasa di SMA kalau ada tugas tinggal CRL+C+V aja sekarang suruh tulis pake tangan hahaha.

Selang beberapa minggu setelah praktikum diatas,ada praktikum selanjutnya yaitu modul tiga “Instal Windows 7 didalam Virtualbox” dan modul empat “cara reset password”.

Saat mulai praktikum Pak Ma’ruf menjelaskan tentang komponen-komponen computer,cara kerja,hingga menyusun kerangka kembali.Lalu Pak Ma’ruf menyuruh kita untuk meginstall widows 7 dengan virtual box dan kita melakukannya dengan bimbingan pak Ma’ruf setelah selesai kita pindah ke modul selanjutnya yaitu “Cara Reset Password” Pak Ma’ruf membacakan modul tersebut dan kita disuruh praktik sendiri.Sebelum Praktikum Pak Ma’rufsempat memperingati kita kalo ada “nyetrum- nyetrum sial” enggak papa biasa. Saya jadi takut – takut gimana gitu.Untungnya kelompok saya ada seorang teknisi – sebut aja dia b- jadi kelompok kita enggak begitu bingung dan alhamdulillah lancar.

BAB III

KESIMPULAN dan SARAN

Praktikum ini sangat membantu kami,terutama saya yang tidak begitu memahami tentang kerangka komputer.Semoga paktikum selanjutnya jarak praktikum satu dengan lainnya tidak berdekatan,agar mahasiswa bisa focus mengerjakan tugas laporan dan tidak terburu buru.Aminn

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *