Cerita Pengalaman Praktikum

Cerita Pengalaman Praktikum
January 23, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

NAMA    :ILHAM PRAYUDA

NIM        :14150106

KELAS   :14 tel 03

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hinayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan Tugas Dasar Komputer ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana.

Harapan saya semoga Laporan ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi laporan ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.

Laporan ini saya akui masih banyak kekurangan. Oleh kerena itu saya harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan laporan ini.

 

Tujusan Penulisan

  • Untuk mendapatkan nilai Dasar Komputer yang diberikan oleh Dosen
  • Menceritakan pengalaman saya saat praktikum

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

PENGALAMAN PRAKTIKUM

Bismillahirrohmanirrohiim.. Assalamu’alaikumusalam wr wb..

Dalam laporan ini saya akan berbagi pengalaman saya saat praktikum Karena notabenenya tehnik telekomunikasi lebih banyak praktek maka dari itu saya harus terbiasa bertemu dengan perangkat – perangkat yg dipraktekan. Awal dari praktek saya itu dimulai dari praktek Dasar Komputer .sebelum praktek dimulai dan sebelum saya masuk ke Lab saya berangan angan bahwa komputer dil Lab ada 10, ehhh ternyata Cuma ada dua. Walaupun Cuma dua tapi alat untuk praktikum sangatlah lengkap cukup untuk menunjang pembentukan skil mahasiswa.

Oke kembali lagi ke pengalaman prakteknya, jadi di setiap praktek kita akan di jelaskan dulu untuk materi – materi yang akan di praktekan oleh Bapak Ma’ruf yang baik hati ini yang akan membacakan semua teorinya sampai selesai seperti modul Pertama yang dibahas tentang perkembangan sejarah dari komputer .sejarahnya komputer sangat panjang dari generasi pertama sampai generasi kelima dari komputer yang perangkatnya seruangan penuh sampai jadi komputer yang kecil bisa di bawa kemana – mana.

 

Praktikum pertama Pak Ma’ruf menjelaskan ke kami bagaimana perkembangan komputer , sebelum praktik bilau menyeruh kami membaca modul terlebih dahulu dan setelah itu beliau menjelaskan materi yang akan kami praktikan.Di sela sela praktik beliau terkadang melontarkan lawakan ke kami yang membuat pratikum menjadi tidak membosankan.Terkadang beliau memberikan motivasi kepada kami agar kami menjadi tambah giat lagi dalam praktik.Setelah praktik selesai kami disuruh menulis modul , awalnya dipikiran ku mah gampang tingggal diketik aja koq repot.Dan ternya ehh malah disuru tulis tangan apa lagi harus menghabiskan waktu yang lama dan juga saya harus meniapkan persiadian pulpen karena yang ditulis banyak banget. Awal menulis laporan mah males banget rasanya namun, karena itu sudah tanggung jawab saya sebagai mahasiswa dengan sedikit percikan semangat bahwa saya kuliah di Telkom dengan menggukan uang orang tua jadi saya tidak boleh mengecewakan mereka.

 

Praktikum kedua yaitu tentang perangkitan komputer,sebelum peraktik Pak Ma’ruf menjelaskan mekanisme praktikum dan setelah itu kita kita langsung memulai praktikum, Ketika disela sela praktikum seringkali kami tersetrum karena salah menyentuh bagian bagian yang harusnya tidak harus dipegang.Setelah praktik selesai kami di suruh menulis modul lagi namun karena sudah terbiasa jadi saya bias dengan cepat menyelesaikannya.

 

Stelah praktik kedua selesai lanjut ke praktik ketiga yaitu, cara menginstal windows dengan virtual box.Awalnya saya tidak mengerti virtual box itu apa???, saya piker kotak virtual.Ternyata virtualbox itu adalah sebuah aplikasi yang funsinya untuk menginstal windows tanpa harus menginstal ulang komputer.Virtual box ini bagus sekali bagi kita yang ingin belajar cara menginstal komputer karena, misalnya ada proses yang salah atau gagal aplikasi ini tidak akan merusak komputer.

 

Selanjutnya paktikum keempat yaitu tentang cara mereset password, sebelum praktik kami disuruh menjilat baterai untuk membutikan apakah baterai tersebut memiliki tegangan atau tidak ,dan setelah kami jilat(zzzzttt) ternyata lidah saya tersetrum berarti beterai tersebut baik.Oh ya jadi nih pembahasannya.Cara mereset password ada dua cara yaitu pertama dengan mencabut baterai bios lalu diam kan 1 menit lalu setelah itu pasang kembali baterai bios dan secara otomotis password akan ter seret, dan yang kedua dengan cara mecabut 3 jumper pin bios.

 

Demikian pengalaman praktikum yang dapat saya bagikan. Terima kasih kepada beliau yang telah membagikan ilmunya kepada kami saya mohon maaf bila ada salah kata dalam hal penulisan.

 

BAB lll

KESIMPULAN

 

3.1 KESIMPULAN DAN SARAN

Jika dilihat dari covernya memang AKADEMI TELKOM JAKARTA tidak sebanding dengan kampus-kampus lainnya, namun dalam hal pembentukan di dunia kerja tidak perlu diragukan lagi. Tidak hanya teori, ditambah dengan praktikum-praktikum sehingga lulusan AKADEMI TELKOM JAKARTA dapat bersaing diluar sana. Walaupun hanya Diploma lll (D3) tapi tidak kalah dengan lulusan Strata l (S1).

 

 

 

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *