January 23, 2016 No Comments Uncategorized Mahasiswa Akatel

nama : TIA HASTA RINI

KELAS : 14 TEL 2

NIM ; 14150050

 

PENDAHULUAN

           Istilah computer berasal dari bahasa “computare’ yang berarti alat hitung karena awalnya computer lebih digunakan sebagai perangkat bantu dalam hal perhitungan angka-angka sebelum akhirnya menjadi perangkat multifungsi . Komputer saat ini adalah hasil evolusi panjang dari computer zaman dahulu , yang mulanya adalah alat mekanik dan elektronik .

Computer juga ada beberapa generasi . mulai dari generasi pertama yang ukuran computer sangat besar sampai computer generasi ke lima yang dalam proses computer yang canggih dan mudah dalam pengoperasian .

 

 

PENGALAMAN PRAKTIKUM

 

pengalaman saya saat saya praktikum banyak sekali . salah satunya disaat pertama kali ptaktek ,  saya benar-benar tidak tahu apa yang harus saya lakukan dan apa yang hars saya pelajari . saya fikir prakteknya susah dan rumit namun setelah praktek tidak sesulit yang saya fikirkan .

Disaat  praktek ada beberapa hal yang membuat bingung salah satunya ialah harus menyatukan satu kabel dengan kabel lain yang bentuknya hamper sama semua . Harus menghafal bagian-bagian dari kabel-kebael agar tidak tertukar saat pemasangan . Harus mengetahui juga fungs dari komponen kabel-kabel tersebut .

Dan awalnya saya fikir setelah praktek hanya disuruh buat kesimpulan tugas , ternyata setelah praktek kita wajib membuat laporan yang ditulis secara manual (tulis tangan) . Awal disuruh membuat laporan memang capek dan lelah karena belum terbiasa menulis laporan sebanyak itu . namun sekarang sudah mulai terbiasa dengan laporan-laporan yang banyak dan dikumpulkan dengan waktu singkat.

Dan banyak kejadian-kejadian yang lucu saat melakukan praktikum . salah satunya disaat praktikum mengenai motherboard , pada waktu itu teman saya bernama sita , dia takut untuk menyambungkan salah satu kabel karna takut kesetrum . dan teman saya roro , dia juga takut disaat memasang dan menyambungkan kabel-kabel di motherboard karna takut kesetrum .

Tapi untungnya modul praktikum daskom menggunakan bahasa Indonesia jadi saya tinggal menulis ulang laporan tanpa harus mentranslate terlebih dahulu . Dan walaupun dalam waktu 1 minggu terkadang kurang untuk menulis laporan beserta tugas-tugas yang lain . namun untungnya saya masih bias untuk mengerjakan semua dengan tepat waktu .

Sebelum praktek daskom saya tidak mengetahui tentang komponenkomponen dan fungsi-fungsi computer . Namun setelah saya praktek daskom banyak komponen yang saya ketahui . Dan saya juga dapat mengetahui sebab kenapa computer mengalami kerusakan . Dan saya juga bias mengetahui bagaimana cara memperbaikinnya walaupun belum tahu tentang semua komponen computer.

Lapotp saya biasanya kalo rusak atau ada masalah , saya langsung pegi ke tukang service karna saya tidak tau sama skali tentang computer . namun walaupun hanya beberapa kali praktikum tapi saya sudah mengetahui bagaimana cara untuk membetulkan computer yang mati .

 

KESIMPULAN

 

Komputer merupakan komponen yang penting bagi kehidupan sehari-hari . Apalagi dizaman yang sudah canggih seperti ii . Tanpa teknologi pekerjaan sehari-hari kita akan sulit . Komputer juga mengalami perkembangan yang cukup memakan waktu . mulai dari generasi pertama hingga ke generasi ke lima .

Dengan cara praktikum computer kita jadi mengetahui komponen computer dan bagaimana cara memperbaiki computer yang rusak. Tanpa harus pergi ke tukang service komupter kita juga bias memperbaiki computer dan bahkan kita bias mengetahui apa yang rusak dan tidak tertipu oleh tukang service .

 

 

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *